Doa Qunut: Pengertian, Hikmah, dan Tata Cara Membaca

Posted on

Doa qunut merupakan salah satu doa yang sering dibaca dalam shalat subuh atau shalat witir. Doa ini biasanya dibaca ketika rukuk atau sebelum sujud pada rakaat terakhir. Meskipun doa qunut bukanlah salah satu rukun shalat, namun banyak yang menganggapnya penting untuk dibaca sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian kepada Allah SWT. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Pengertian Doa Qunut

Secara harfiah, qunut berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah doa atau permohonan. Sedangkan doa qunut sendiri merupakan doa yang dibaca pada saat shalat. Biasanya doa qunut dibaca pada rakaat terakhir shalat subuh atau shalat witir.

Doa qunut terdiri dari beberapa ayat yang mengandung permohonan kepada Allah SWT untuk mendapatkan perlindungan, pengampunan, dan rahmat-Nya. Dalam doa qunut, umat muslim juga memohon kepada Allah SWT untuk memberikan keberkahan dalam hidupnya, keselamatan dari segala musibah, dan kekuatan dalam menghadapi ujian hidup.

Hikmah Membaca Doa Qunut

Ada beberapa hikmah atau manfaat yang bisa didapatkan ketika membaca doa qunut dalam shalat. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Menambah kekhusyukan dalam shalat
  2. Menjaga keutamaan shalat subuh atau shalat witir
  3. Memperdalam makna dari doa qunut yang dibaca
  4. Memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT
  5. Menjaga hubungan dengan Allah SWT

Tata Cara Membaca Doa Qunut

Berikut ini adalah tata cara membaca doa qunut yang benar:

  1. Doa qunut dibaca setelah rukuk pada rakaat terakhir shalat subuh atau shalat witir.
  2. Posisi membaca doa qunut adalah saat berdiri setelah rukuk dan sebelum sujud.
  3. Doa qunut dibaca dengan suara yang pelan, jelas, dan merdu.
  4. Setelah selesai membaca doa qunut, dilanjutkan dengan sujud.

Doa Qunut dalam Berbagai Madzhab

Doa qunut dalam shalat subuh atau shalat witir memiliki variasi yang berbeda-beda tergantung pada madzhab yang dianut. Berikut ini adalah doa qunut dalam beberapa madzhab:

Doa Qunut dalam Madzhab Syafi’i

“Allahumma inna nastainuka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu ‘alaika wa nusni ‘alaikal khair, wa nashkuruka wa laa nakfuruka wa nakhla’u wa natruku mai yafjuruka, Allahumma iyyaka na’budu wa laka nusalli wa nasjudu wa ilaika nas’a wa nahfidu wa narju rahmataka wa nakhsha ‘adhabaka inna ‘adhabaka bil kuffari mulhiq.”

Doa Qunut dalam Madzhab Hanafi

“Allahumma inna nasta’inuka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu ‘alaika wa nusni ‘alaikal khair, wa nashkuruka wa laa nakfuruka wa nakhla’u wa natruku mai yafjuruka, Allahumma iyyaka na’budu wa laka nusalli wa nasjudu wa ilaika nas’a wa nahfidu wa narju rahmataka wa nakhsha ‘adhabaka inna ‘adhabaka bil kuffari mulhiq.”

Kesimpulan

Doa qunut merupakan doa yang dibaca dalam shalat subuh atau shalat witir sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian kepada Allah SWT. Dalam doa qunut, umat muslim memohon perlindungan, pengampunan, dan rahmat-Nya serta keberkahan dalam hidupnya. Membaca doa qunut juga memiliki hikmah atau manfaat seperti menambah kekhusyukan dalam shalat dan menjaga hubungan dengan Allah SWT.

Untuk membaca doa qunut, perlu memperhatikan tata cara yang benar dan variasi dalam berbagai madzhab. Dengan membaca doa qunut dengan baik dan benar, diharapkan umat muslim dapat memperoleh manfaat dan keberkahan dalam hidupnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments