Stratifikasi Sosial: Pengertian, Faktor, dan Contohnya

Posted on

Stratifikasi sosial adalah suatu sistem klasifikasi masyarakat berdasarkan status sosial yang dimiliki oleh individu atau kelompok dalam masyarakat. Status sosial dapat dilihat dari faktor seperti pendidikan, pekerjaan, penghasilan, agama, dan lain sebagainya.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Stratifikasi Sosial

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi stratifikasi sosial dalam masyarakat:

1. Pendidikan

Pendidikan menjadi faktor penting dalam menentukan status sosial seseorang. Individu yang memiliki pendidikan yang tinggi biasanya memiliki status sosial yang lebih tinggi dibandingkan dengan individu yang hanya memiliki pendidikan rendah.

2. Pekerjaan

Pekerjaan juga menjadi faktor yang mempengaruhi stratifikasi sosial dalam masyarakat. Individu yang memiliki pekerjaan yang lebih tinggi seperti dokter, pengacara, atau CEO biasanya memiliki status sosial yang lebih tinggi dibandingkan dengan pekerjaan yang memiliki gaji rendah seperti buruh pabrik atau tukang parkir.

3. Penghasilan

Penghasilan juga menjadi faktor yang mempengaruhi stratifikasi sosial. Individu yang memiliki penghasilan yang lebih tinggi biasanya memiliki status sosial yang lebih tinggi dibandingkan dengan individu yang memiliki penghasilan rendah.

4. Agama

Agama juga dapat mempengaruhi stratifikasi sosial dalam masyarakat. Beberapa agama memiliki tingkatan sosial yang berbeda-beda, seperti pada masyarakat Hindu yang mengenal sistem kasta.

Contoh Stratifikasi Sosial dalam Masyarakat

Berikut adalah beberapa contoh stratifikasi sosial dalam masyarakat:

1. Kelas Sosial

Kelas sosial adalah pengelompokan masyarakat berdasarkan tingkat pendapatan dan status sosial. Kelas sosial terdiri dari kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah. Kelas atas biasanya terdiri dari orang-orang yang memiliki pendapatan yang sangat tinggi dan memiliki kekuasaan politik dan ekonomi yang besar. Kelas menengah terdiri dari orang-orang yang memiliki pekerjaan dengan penghasilan sedang dan memiliki kehidupan yang stabil. Kelas bawah terdiri dari orang-orang yang memiliki pekerjaan dengan penghasilan rendah dan memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi.

2. Kasta

Kasta adalah sistem stratifikasi sosial yang terdapat pada masyarakat Hindu. Sistem kasta terdiri dari empat kasta yaitu Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra. Setiap kasta memiliki peran dan pekerjaan yang berbeda-beda dalam masyarakat.

3. Rasisme

Rasisme adalah sistem stratifikasi sosial berdasarkan ras. Sistem ini terjadi ketika satu ras dianggap lebih unggul dibandingkan ras yang lain. Rasisme menyebabkan diskriminasi dan ketidakadilan dalam masyarakat.

4. Gender

Gender juga dapat mempengaruhi stratifikasi sosial dalam masyarakat. Pada beberapa masyarakat, perempuan dianggap memiliki status sosial yang lebih rendah dibandingkan dengan laki-laki. Hal ini menyebabkan ketidakadilan dalam masyarakat.

Kesimpulan

Stratifikasi sosial adalah sistem klasifikasi masyarakat berdasarkan status sosial yang dimiliki oleh individu atau kelompok dalam masyarakat. Beberapa faktor yang mempengaruhi stratifikasi sosial adalah pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan agama. Contoh stratifikasi sosial dalam masyarakat adalah kelas sosial, kasta, rasisme, dan gender. Penting untuk memperhatikan ketidakadilan dan diskriminasi yang terjadi dalam stratifikasi sosial dalam masyarakat dan melakukan upaya untuk mengurangi kesenjangan sosial yang ada.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments