Permutasi dan Kombinasi: Konsep, Cara Menghitung, dan Contoh Soal

Posted on

Permutasi dan kombinasi adalah konsep matematika yang banyak digunakan dalam berbagai bidang, seperti statistik, komputer, dan ilmu sosial. Pada dasarnya, permutasi dan kombinasi digunakan untuk menghitung kemungkinan atau peluang dari suatu kejadian yang terjadi.

Permutasi

Permutasi adalah pengaturan ulang atau pemilihan beberapa objek dari sejumlah objek yang tersedia. Dalam permutasi, urutan atau posisi dari objek yang dipilih sangat penting. Contohnya, apabila terdapat tiga bola yang berbeda warna yaitu merah, hijau, dan biru, maka berapa banyak permutasi yang mungkin terjadi?

Jawabannya adalah 6. Karena terdapat tiga bola yang berbeda warna, maka permutasi yang mungkin adalah 3 x 2 x 1 = 6. Dalam hal ini, terdapat enam kemungkinan permutasi yaitu merah-hijau-biru, merah-biru-hijau, hijau-merah-biru, hijau-biru-merah, biru-merah-hijau, dan biru-hijau-merah.

Kombinasi

Kombinasi adalah pemilihan beberapa objek dari sejumlah objek yang tersedia tanpa memperhatikan urutan atau posisi dari objek yang dipilih. Contohnya, apabila terdapat tiga bola yang berbeda warna yaitu merah, hijau, dan biru, maka berapa banyak kombinasi yang mungkin terjadi?

Jawabannya adalah 3. Karena tidak memperhatikan urutan atau posisi dari objek yang dipilih, maka kombinasi yang mungkin adalah 3!/(3-3)! x 3! = 1 x 2 x 3 / 1 x 2 x 3 = 1. Dalam hal ini, terdapat satu kemungkinan kombinasi yaitu merah-hijau-biru.

Cara Menghitung Permutasi dan Kombinasi

Untuk menghitung permutasi, kita bisa menggunakan rumus P(n,r) = n! / (n-r)!, di mana n adalah jumlah objek yang tersedia dan r adalah jumlah objek yang dipilih. Sedangkan untuk menghitung kombinasi, kita bisa menggunakan rumus C(n,r) = n! / (n-r)! x r!.

Contohnya, apabila terdapat enam buah buah-buahan yaitu apel, jeruk, mangga, pisang, pepaya, dan semangka, dan kita ingin memilih tiga buah-buahan secara acak, maka berapa banyak permutasi dan kombinasi yang mungkin terjadi?

Untuk permutasi, kita bisa menggunakan rumus P(6,3) = 6! / (6-3)! = 6 x 5 x 4 = 120. Dalam hal ini, terdapat 120 kemungkinan permutasi.

Sedangkan untuk kombinasi, kita bisa menggunakan rumus C(6,3) = 6! / (6-3)! x 3! = 6 x 5 x 4 / 3 x 2 x 1 = 20. Dalam hal ini, terdapat 20 kemungkinan kombinasi.

Contoh Soal

Berikut ini adalah beberapa contoh soal permutasi dan kombinasi:

1. Ada enam anak yang akan duduk di tiga kursi yang tersedia. Berapa banyak kemungkinan permutasi yang terjadi?

Jawab:

Permutasi yang mungkin adalah P(6,3) = 6! / (6-3)! = 6 x 5 x 4 = 120.

2. Ada tiga buah bola yang berbeda warna yaitu merah, hijau, dan biru. Berapa banyak kombinasi yang mungkin terjadi jika hanya dua bola yang dipilih?

Jawab:

Kombinasi yang mungkin adalah C(3,2) = 3! / (3-2)! x 2! = 3.

3. Ada lima buah kartu remi yang diambil secara acak dari setumpuk kartu remi. Berapa banyak kemungkinan kombinasi yang terjadi?

Jawab:

Kombinasi yang mungkin adalah C(52,5) = 52! / (52-5)! x 5! = 2.598.960.

Kesimpulan

Permutasi dan kombinasi adalah konsep matematika yang penting dalam menghitung kemungkinan atau peluang dari suatu kejadian. Permutasi digunakan untuk menghitung kemungkinan pengaturan ulang atau pemilihan beberapa objek dari sejumlah objek yang tersedia dengan memperhatikan urutan atau posisi dari objek yang dipilih. Sedangkan kombinasi digunakan untuk menghitung kemungkinan pemilihan beberapa objek dari sejumlah objek yang tersedia tanpa memperhatikan urutan atau posisi dari objek yang dipilih. Untuk menghitung permutasi dan kombinasi, kita bisa menggunakan rumus P(n,r) = n! / (n-r)! dan C(n,r) = n! / (n-r)! x r!.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments