Sifat Wajib dan Mustahil Allah

Pendahuluan

Allah SWT adalah pencipta alam semesta dan segala isinya. Sebagai mahluk yang beriman, kita harus memahami sifat-sifat Allah. Ada sifat wajib dan mustahil yang harus kita ketahui. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang sifat wajib dan mustahil Allah secara lebih mendalam.

Sifat Wajib

Sifat wajib Allah adalah sifat yang harus dimiliki oleh Allah SWT. Ada empat sifat wajib yang harus kita ketahui, yaitu:

1. Wujud (Ada)

Sifat wujud adalah sifat yang menegaskan bahwa Allah SWT itu ada. Allah SWT adalah makhluk yang tidak terlihat oleh mata kita, tetapi kita harus percaya bahwa Dia ada.

2. Qidam (Maha Awal)

Sifat qidam menegaskan bahwa Allah SWT adalah maha awal. Allah SWT tidak memiliki awal dan tidak akan memiliki akhir. Dia selalu ada dan selalu ada sebelum segala sesuatu.

3. Baqa’ (Maha Kekal)

Sifat baqa’ menegaskan bahwa Allah SWT adalah maha kekal dan tidak akan pernah binasa. Dia selalu ada dan tidak akan pernah berakhir.

4. Mukhalafatu lil Hawadits (Berbeda dengan segala sesuatu yang ada)

Sifat mukhalafatu lil hawadits menegaskan bahwa Allah SWT berbeda dengan segala sesuatu yang ada. Allah SWT adalah pencipta, bukan makhluk. Dia tidak terikat oleh waktu dan tempat dan berbeda dengan segala sesuatu yang ada.

Sifat Mustahil

Sifat mustahil Allah adalah sifat yang tidak dimiliki oleh Allah SWT. Ada tiga sifat mustahil yang harus kita ketahui, yaitu:

1. Tajsim (Menyerupakan Allah dengan makhluk)

Sifat tajsim menegaskan bahwa Allah SWT tidak boleh disamakan dengan makhluk. Kita tidak boleh menyerupakan Allah SWT dengan makhluk, karena Allah SWT adalah pencipta dan bukan makhluk.

2. Tasybih (Menyerupakan Allah dengan makhluk dalam hal sifat)

Sifat tasybih menegaskan bahwa Allah SWT tidak boleh disamakan dengan makhluk dalam hal sifat. Allah SWT memiliki sifat yang berbeda dengan makhluk dan tidak boleh disamakan.

3. Hulul (Menyatu dengan makhluk)

Sifat hulul menegaskan bahwa Allah SWT tidak boleh menyatu dengan makhluk. Allah SWT adalah pencipta dan bukan makhluk, sehingga tidak boleh disatukan dengan makhluk.

Kesimpulan

Sifat wajib dan mustahil Allah adalah sifat-sifat yang harus kita pahami sebagai mahluk beriman. Ada empat sifat wajib Allah, yaitu wujud, qidam, baqa’, dan mukhalafatu lil hawadits. Ada tiga sifat mustahil Allah, yaitu tajsim, tasybih, dan hulul. Kita harus memahami bahwa Allah SWT adalah pencipta dan bukan makhluk, sehingga kita tidak boleh menyerupakan Allah dengan makhluk atau menyatukan Allah dengan makhluk. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments