Jangka Sorong: Mengenal Alat Ukur yang Penting Dalam Dunia Teknik

Posted on

Jangka sorong adalah salah satu alat ukur yang paling sering digunakan dalam dunia teknik. Alat ini sangat penting karena bisa membantu mengukur dimensi suatu benda dengan akurasi yang sangat tinggi.

Apa itu Jangka Sorong?

Jangka sorong adalah alat ukur yang terdiri dari dua rahang dan skala pengukuran. Rahang jangka sorong bisa digerakkan dengan menggunakan roda penggerak atau tombol dan biasanya terbuat dari bahan stainless steel atau baja tahan karat.

Sedangkan skala pengukuran pada jangka sorong bisa berupa skala nonius atau skala vernier. Skala nonius digunakan untuk mengukur dimensi yang lebih kecil, sedangkan skala vernier digunakan untuk mengukur dimensi yang lebih besar.

Bagaimana Cara Menggunakan Jangka Sorong?

Agar bisa menggunakan jangka sorong dengan benar, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama-tama, pastikan bahwa jangka sorong dalam keadaan bersih dan bebas dari kotoran atau debu yang bisa mengganggu hasil pengukuran.

Selanjutnya, letakkan benda yang akan diukur di antara kedua rahang jangka sorong. Pastikan bahwa benda tersebut benar-benar terletak di antara kedua rahang dan tidak bergeser saat diukur.

Setelah itu, gerakkan roda penggerak atau tombol pada jangka sorong sehingga kedua rahang tersebut merapat pada benda yang akan diukur. Pastikan bahwa kedua rahang tersebut merapat dengan kuat dan tidak ada celah di antara keduanya.

Terakhir, baca skala pengukuran pada jangka sorong dan catat hasilnya. Pastikan bahwa hasil pengukuran sudah sesuai dengan yang diinginkan dan tidak ada kesalahan saat membaca skala.

Apa Saja Kelebihan Jangka Sorong?

Jangka sorong memiliki beberapa kelebihan yang membuat alat ini sangat populer di kalangan teknisi dan insinyur. Salah satu kelebihan utama dari jangka sorong adalah akurasi yang sangat tinggi.

Dibandingkan dengan alat ukur lainnya, jangka sorong bisa menghasilkan hasil pengukuran yang lebih akurat dan lebih detail. Selain itu, jangka sorong juga sangat mudah digunakan dan bisa dioperasikan oleh siapa saja, baik yang sudah berpengalaman maupun yang masih belajar.

Kelebihan lain dari jangka sorong adalah daya tahan yang tinggi. Alat ini terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa perlu diganti atau diperbaiki.

Kesimpulan

Jangka sorong adalah alat ukur yang sangat penting dalam dunia teknik. Alat ini bisa digunakan untuk mengukur dimensi suatu benda dengan akurasi yang sangat tinggi dan bisa menghasilkan hasil pengukuran yang lebih detail.

Kelebihan dari jangka sorong adalah akurasi yang sangat tinggi, daya tahan yang tinggi, dan mudah digunakan oleh siapa saja. Oleh karena itu, jangka sorong menjadi salah satu alat ukur yang paling sering digunakan oleh teknisi dan insinyur di seluruh dunia.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments