Teks Cerita Ulang Contoh

Posted on

Teks cerita ulang atau bisa juga disebut dengan retelling text adalah jenis teks yang berisi tentang cerita yang sudah pernah terjadi sebelumnya. Tujuan dari teks ini adalah untuk mengulang kembali cerita tersebut dengan menggunakan bahasa sendiri. Biasanya, teks cerita ulang ini digunakan untuk mengasah kemampuan berbahasa dan juga membantu dalam meningkatkan daya ingat seseorang.

Contoh Teks Cerita Ulang

Berikut ini adalah contoh teks cerita ulang:

Pada suatu hari yang cerah, seorang anak kecil bernama Budi sedang bermain di taman. Dia sangat senang bermain di taman karena taman tersebut sangat indah dan penuh dengan bunga-bunga yang cantik. Budi pun berlari-lari kecil mengelilingi taman dan melihat-lihat bunga-bunga yang ada di sana.

Saat sedang asyik bermain, tiba-tiba Budi melihat seekor kupu-kupu yang terbang di dekatnya. Kupu-kupu tersebut sangat indah dengan warna-warna yang cerah dan sayap-sayap yang sangat lebar. Budi pun berusaha mengejar kupu-kupu tersebut namun kupu-kupu tersebut terbang ke atas dan menghilang.

Merasa kecewa karena tidak bisa menangkap kupu-kupu tersebut, Budi pun duduk di bawah pohon dan melihat-lihat bunga-bunga yang ada di sekitarnya. Dia merasa sedikit sedih karena tidak bisa menangkap kupu-kupu yang indah tadi.

Ketika Budi sedang duduk di bawah pohon, tiba-tiba ada seorang kakek yang lewat di dekatnya. Kakek tersebut melihat Budi yang sedang sedih dan bertanya padanya apa yang sedang terjadi. Budi pun menceritakan tentang kupu-kupu yang indah tadi yang tidak bisa dia tangkap.

Mendengar cerita dari Budi, kakek tersebut memberikan sebuah saran. Kakek tersebut mengatakan bahwa kupu-kupu tersebut sangat indah dan tidak semua orang bisa menangkapnya. Namun, Budi masih bisa menikmati keindahan kupu-kupu tersebut dengan cara mengagumi dan melihat-lihat kupu-kupu tersebut di taman. Budi pun merasa senang mendengar saran dari kakek tersebut dan kembali melihat-lihat bunga-bunga serta kupu-kupu yang ada di taman.

Bagaimana Menulis Teks Cerita Ulang

Menulis teks cerita ulang dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

  1. Baca dan pahami cerita yang akan diulang. Pastikan bahwa kamu memahami cerita tersebut dengan baik sehingga bisa menuliskannya dengan bahasa sendiri.
  2. Tentukan struktur teks cerita ulang yang akan kamu tulis. Struktur tersebut bisa berupa pengenalan, isi cerita, dan kesimpulan.
  3. Tuliskan teks cerita ulang dengan bahasa sendiri. Gunakan kalimat yang mudah dipahami dan jangan menggunakan bahasa yang terlalu formal.
  4. Periksa kembali teks cerita ulang yang telah kamu tulis. Pastikan bahwa tidak ada kesalahan dalam penulisan dan juga pastikan bahwa teks tersebut mudah dipahami oleh pembaca.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu bisa menulis teks cerita ulang dengan baik dan benar.

Keuntungan dari Menulis Teks Cerita Ulang

Menulis teks cerita ulang memiliki beberapa keuntungan, yaitu:

  1. Meningkatkan kemampuan berbahasa. Dengan menulis teks cerita ulang, kamu bisa mengasah kemampuan berbahasa dan juga meningkatkan kosakata kamu.
  2. Meningkatkan daya ingat. Dengan menulis teks cerita ulang, kamu akan terlatih untuk mengingat cerita yang telah terjadi sebelumnya dan juga meningkatkan daya ingat kamu.
  3. Memperluas pengetahuan. Dengan menulis teks cerita ulang, kamu juga bisa memperluas pengetahuan kamu tentang suatu cerita atau kejadian yang pernah terjadi.

Kesimpulan

Teks cerita ulang adalah jenis teks yang berisi tentang cerita yang sudah pernah terjadi sebelumnya. Menulis teks cerita ulang memiliki beberapa keuntungan, yaitu meningkatkan kemampuan berbahasa, meningkatkan daya ingat, dan memperluas pengetahuan. Untuk menulis teks cerita ulang, kamu bisa mengikuti beberapa langkah seperti membaca dan memahami cerita, menentukan struktur teks, menuliskan teks cerita ulang dengan bahasa sendiri, dan memeriksa kembali teks cerita ulang yang telah kamu tulis.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments