Sistem Persamaan Linier Kuadrat Dua Variabel

Posted on

Sistem persamaan linier kuadrat dua variabel adalah bentuk persamaan matematika yang terdiri dari dua persamaan linier kuadrat dengan dua variabel yang harus dicari nilainya. Persamaan linier kuadrat adalah persamaan yang memiliki bentuk ax2 + bx + c = 0, dengan a, b, dan c adalah koefisien yang dapat bernilai bilangan real atau kompleks. Variabel dalam persamaan linier kuadrat dua variabel biasanya dilambangkan dengan x dan y.

Cara Penyelesaian Sistem Persamaan Linier Kuadrat Dua Variabel

Penyelesaian sistem persamaan linier kuadrat dua variabel dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya:

Metode Substitusi

Metode substitusi dilakukan dengan mengganti salah satu variabel pada salah satu persamaan dengan variabel yang sama dari persamaan lainnya. Setelah itu, persamaan akan terdiri dari satu variabel yang dapat diselesaikan dengan cara seperti pada persamaan linier biasa. Setelah nilai variabel tersebut ditemukan, dapat dicari nilai variabel lainnya dengan menggantikan nilai variabel yang sudah ditemukan ke dalam persamaan yang lain.

Metode Eliminasi

Metode eliminasi dilakukan dengan cara mengeliminasi salah satu variabel dengan menjumlahkan atau mengurangkan kedua persamaan. Hal ini dilakukan dengan mengalikan salah satu persamaan dengan bilangan yang sesuai agar koefisien variabel yang ingin dieliminasi menjadi sama dengan koefisien variabel pada persamaan lainnya. Setelah itu, variabel yang dieliminasi akan hilang dan dapat dicari nilai variabel yang lainnya.

Metode Matriks

Metode matriks dilakukan dengan menuliskan koefisien variabel pada kedua persamaan dalam bentuk matriks, lalu dilakukan operasi matriks untuk mencari nilai variabel yang dicari.

Contoh Soal dan Penyelesaian Sistem Persamaan Linier Kuadrat Dua Variabel

Berikut ini adalah contoh soal dan penyelesaian sistem persamaan linier kuadrat dua variabel menggunakan metode substitusi:

Sistem persamaan linier kuadrat dua variabel:

x2 + y2 = 25

x + y = 7

Penyelesaian:

Dari persamaan kedua, dapat diketahui bahwa y = 7 – x. Ganti y pada persamaan pertama dengan 7 – x:

x2 + (7 – x)2 = 25

x2 + 49 – 14x + x2 = 25

2x2 – 14x + 24 = 0

x2 – 7x + 12 = 0

(x – 3)(x – 4) = 0

Sehingga, x = 3 atau x = 4. Ganti nilai x ke dalam persamaan kedua untuk mencari nilai y:

Jika x = 3, y = 7 – 3 = 4

Jika x = 4, y = 7 – 4 = 3

Jadi, pasangan nilai x dan y yang memenuhi sistem persamaan tersebut adalah (3, 4) dan (4, 3).

Keuntungan Belajar Sistem Persamaan Linier Kuadrat Dua Variabel

Belajar sistem persamaan linier kuadrat dua variabel dapat memberikan banyak keuntungan, di antaranya:

Mempermudah Pemecahan Masalah

Sistem persamaan linier kuadrat dua variabel dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang melibatkan dua variabel. Contohnya adalah masalah tentang perhitungan biaya produksi dengan mempertimbangkan jumlah produksi dan harga bahan baku.

Menambah Wawasan Matematika

Belajar sistem persamaan linier kuadrat dua variabel dapat menambah wawasan matematika, terutama dalam penggunaan metode dan teknik penyelesaian yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya pengetahuan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Menyiapkan untuk Pelajaran Matematika yang Lebih Tinggi

Sistem persamaan linier kuadrat dua variabel adalah salah satu konsep dasar dalam matematika. Dengan memahami konsep ini dengan baik, akan lebih mudah untuk memahami pelajaran matematika yang lebih tinggi seperti kalkulus, aljabar linier, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Sistem persamaan linier kuadrat dua variabel adalah bentuk persamaan matematika yang terdiri dari dua persamaan linier kuadrat dengan dua variabel yang harus dicari nilainya. Penyelesaian sistem persamaan linier kuadrat dua variabel dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya metode substitusi, metode eliminasi, dan metode matriks. Belajar sistem persamaan linier kuadrat dua variabel dapat memberikan banyak keuntungan, seperti mempermudah pemecahan masalah, menambah wawasan matematika, dan menyiapkan untuk pelajaran matematika yang lebih tinggi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments