Pidato Bahasa Jawa: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Posted on

Pidato adalah suatu bentuk komunikasi lisan yang biasanya dilakukan dalam acara formal atau non-formal. Pidato bisa disampaikan dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Jawa. Pidato bahasa Jawa sering kali digunakan dalam acara adat, acara pernikahan, dan acara kenegaraan.

Pengertian Pidato Bahasa Jawa

Pidato bahasa Jawa adalah pidato yang disampaikan dalam bahasa Jawa. Pidato bahasa Jawa memiliki ciri khas tersendiri, seperti penggunaan bahasa yang sopan, ungkapan yang halus, dan penggunaan bahasa yang lugas namun tetap mengandung makna yang dalam.

Tujuan Pidato Bahasa Jawa

Tujuan dari pidato bahasa Jawa adalah untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada pendengar. Pesan atau informasi yang disampaikan bisa berupa ajakan, nasihat, atau pengharapan. Selain itu, pidato bahasa Jawa juga digunakan untuk mempererat hubungan antarindividu atau antarkerabat.

Jenis-Jenis Pidato Bahasa Jawa

Berikut ini adalah beberapa jenis pidato bahasa Jawa:

1. Pidato Ngoko

Pidato ngoko adalah pidato yang menggunakan bahasa Jawa yang sangat sederhana dan mudah dipahami. Biasanya, pidato ngoko digunakan dalam acara non-formal atau dalam percakapan sehari-hari.

2. Pidato Krama

Pidato krama adalah pidato yang menggunakan bahasa Jawa yang lebih formal dan sopan. Biasanya, pidato krama digunakan dalam acara formal atau dalam percakapan dengan orang yang lebih tua atau yang memiliki kedudukan yang lebih tinggi.

3. Pidato Madya

Pidato madya adalah pidato yang menggunakan bahasa Jawa yang lebih halus dan bermakna. Biasanya, pidato madya digunakan dalam acara adat atau acara kesenian.

4. Pidato Kasar

Pidato kasar adalah pidato yang menggunakan bahasa Jawa yang tidak sopan atau kasar. Biasanya, pidato kasar digunakan dalam percakapan yang tidak resmi atau dalam situasi yang tidak menyenangkan.

5. Pidato Campursari

Pidato campursari adalah pidato yang menggunakan bahasa Jawa campuran dengan bahasa Indonesia. Biasanya, pidato campursari digunakan dalam acara yang dihadiri oleh orang-orang yang berasal dari berbagai daerah.

Kesimpulan

Pidato bahasa Jawa memiliki ciri khas tersendiri dan biasanya digunakan dalam acara adat, acara pernikahan, dan acara kenegaraan. Pidato bahasa Jawa memiliki beberapa jenis, seperti pidato ngoko, pidato krama, pidato madya, pidato kasar, dan pidato campursari. Tujuan dari pidato bahasa Jawa adalah untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada pendengar dan mempererat hubungan antarindividu atau antarkerabat.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments