Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Posted on

Sel adalah unit terkecil dari organisme hidup. Organisme dapat terdiri dari satu sel atau jutaan sel. Ada dua jenis sel utama yaitu sel hewan dan sel tumbuhan. Walaupun keduanya memiliki beberapa kesamaan, tetapi terdapat beberapa perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Berikut adalah beberapa perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan.

Struktur Sel

Perbedaan pertama antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah struktur sel. Sel hewan memiliki bentuk yang tidak teratur, tidak mempunyai dinding sel dan hanya memiliki membran sel sebagai batas luar. Sedangkan sel tumbuhan memiliki bentuk yang lebih teratur, memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa dan memiliki membran sel di dalam dinding sel. Sel tumbuhan juga memiliki plastida dan vakuola yang tidak dimiliki oleh sel hewan.

Fungsi Mitokondria

Perbedaan kedua antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah fungsi mitokondria. Mitokondria adalah organelle yang berfungsi untuk menghasilkan energi dalam sel. Sel hewan memiliki mitokondria yang lebih banyak daripada sel tumbuhan. Hal ini dikarenakan sel hewan memerlukan energi yang lebih banyak daripada sel tumbuhan.

Kloroplas

Perbedaan ketiga antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah adanya kloroplas. Kloroplas adalah organelle yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan. Kloroplas berfungsi dalam proses fotosintesis untuk menghasilkan glukosa dan oksigen. Sel hewan tidak memiliki kloroplas karena mereka tidak melakukan fotosintesis.

Proses Fotosintesis

Perbedaan keempat antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah proses fotosintesis. Sel tumbuhan melakukan proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan dan oksigen. Proses ini terjadi di kloroplas yang dimiliki oleh sel tumbuhan. Sedangkan sel hewan tidak melakukan fotosintesis dan tidak memiliki kloroplas.

Vakuola

Perbedaan kelima antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah adanya vakuola. Vakuola adalah organelle yang berfungsi untuk menyimpan air dan nutrisi dalam sel. Sel tumbuhan memiliki vakuola yang lebih besar daripada sel hewan. Hal ini dikarenakan sel tumbuhan memerlukan cadangan air dan nutrisi yang lebih banyak daripada sel hewan.

Kesimpulan

Jadi, terdapat beberapa perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Sel hewan memiliki bentuk yang tidak teratur, tidak mempunyai dinding sel dan hanya memiliki membran sel sebagai batas luar. Sedangkan sel tumbuhan memiliki bentuk yang lebih teratur, memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa dan memiliki membran sel di dalam dinding sel. Sel tumbuhan juga memiliki plastida dan vakuola yang tidak dimiliki oleh sel hewan. Mitokondria dalam sel hewan lebih banyak daripada sel tumbuhan karena sel hewan memerlukan energi yang lebih banyak. Sel tumbuhan memiliki kloroplas untuk melakukan proses fotosintesis dan vakuola yang lebih besar untuk menyimpan cadangan air dan nutrisi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments