Pengertian Literatur: Apa itu Literatur?

Posted on

Literatur adalah salah satu bentuk seni yang paling tua dan terhormat di dunia. Kata literatur berasal dari bahasa Latin, literatura, yang artinya kesusastraan. Literatur dapat diartikan sebagai segala bentuk tulisan yang memiliki nilai seni dan estetika, seperti puisi, drama, cerita pendek, novel, dan lain sebagainya.

Sejarah Literatur

Sejarah literatur dimulai sejak manusia purba menggambar gambar pada dinding gua. Kemudian, literatur berkembang menjadi bentuk tulisan yang lebih kompleks seperti naskah-naskah kuno Mesopotamia dan Mesir. Di Yunani kuno, literatur mencapai puncaknya dengan karya-karya besar seperti Iliad dan Odyssey karya Homer, dan drama-drama karya Aristoteles.

Pada era modern, literatur terus berkembang dan berkembang menjadi berbagai bentuk dan genre seperti novel, puisi, drama, cerita pendek, esai, dan lain sebagainya. Karya-karya besar seperti The Great Gatsby, Ulysses, dan One Hundred Years of Solitude menjadi bukti betapa pentingnya literatur dalam kehidupan manusia.

Jenis-jenis Literatur

Secara umum, literatur terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Puisi

Puisi adalah salah satu bentuk literatur yang paling klasik. Puisi ditulis dalam bentuk bait-bait yang biasanya berisi makna yang mendalam. Puisi terbagi menjadi beberapa jenis, seperti soneta, ode, dan elegi.

2. Drama

Drama adalah bentuk literatur yang ditulis untuk dipentaskan di atas panggung. Drama terbagi menjadi beberapa jenis, seperti drama komedi, drama tragedi, dan drama musikal.

3. Cerita Pendek

Cerita pendek adalah bentuk literatur yang ditulis dalam bentuk cerita singkat. Cerita pendek biasanya berisi sebuah konflik atau masalah yang dipecahkan oleh tokoh utama dalam cerita.

4. Novel

Novel adalah bentuk literatur yang paling panjang dan kompleks. Novel biasanya berisi sebuah cerita yang ditulis dalam beberapa bab atau bagian.

5. Esai

Esai adalah bentuk literatur yang ditulis dalam bentuk tulisan pendek. Esai biasanya berisi sebuah pemikiran atau opini dari penulis tentang suatu topik tertentu.

Manfaat Literatur

Literatur memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Beberapa manfaat dari literatur antara lain:

1. Menambah Pengetahuan

Dengan membaca literatur, seseorang dapat menambah pengetahuannya tentang berbagai topik atau masalah dalam kehidupan.

2. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa

Berbaca literatur dapat membantu seseorang untuk meningkatkan keterampilan berbahasanya. Dalam literatur, terdapat banyak kosakata dan struktur kalimat yang kompleks.

3. Memberikan Hiburan

Literatur juga dapat memberikan hiburan dan menghilangkan stres bagi pembaca. Melalui literatur, pembaca dapat melarikan diri dari realitas dan memasuki dunia imajinasi yang berbeda.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, literatur adalah salah satu bentuk seni yang paling penting dalam kehidupan manusia. Literatur dapat memberikan manfaat yang besar bagi pembaca, seperti menambah pengetahuan, meningkatkan keterampilan berbahasa, dan memberikan hiburan. Oleh karena itu, literatur selalu menjadi bagian penting dari kehidupan manusia sejak zaman kuno hingga saat ini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments