Pengertian Bahasa Indonesia Secara Umum dan Para Ahli

Pengertian Bahasa Indonesia

Rujukanedukasi.com – Bagi warga negara Indonesia sudah seharusnya mengetahui Bahasa Indonesia karena Bahasa ini merupakan Bahasa resmi yang berlaku. Bahasa Indonesia tidak selalu digunakan oleh warganya.hal ini disebabkan oleh beragamnya Bahasa-bahasa yang ada di masing-masing wilayah. Seluruh warga Indonesia diharuskan mengetahui penggunaan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Bahasa Indonesia sendiri menjadi salah satu mata pelajaran wajib dalam dunia Pendidikan. Adanya Bahasa Indonesia bertujuan untuk penyeragaman Bahasa itu sendiri. Pada setiap jenjang Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran wajib yang harus diikuti siswanya. Mengetahui dengan baik Bahasa Indonesia adalah salah satu sikap yang mencerminkan cinta terhadap tanah air.

Pengertian Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah bagian dari Bahasa melayu yang digunakan sebagai Bahasa nasional Republik Indonesia. Satu hari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia , Bahasa indonesia telah resmi dan diakui sebagai Bahasa resmi Indonesia.

Jika dilihat dari sudut pandang linguistik definisi Bahasa Indonesia yaitu sebuah Bahasa yang telah dicampur dengan berbagai macam Bahasa lainnya. Tetapi dasar dari Bahasa Indonesia itu sendiri lebih banyak berasal dari Bahasa melayu Riau.

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli:

  1. Menurut Gorys Keraf

Bahasa adalah sebuah alat komunikasi yang berupa simbol bunyi yang berasal dari pengucapan manusia agar bisa berkomunikasi antar masyarakat.

  1. Menurut Felicia

Bahasa adalah sebuah alat komunikasi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari baik itu dalam lisan maupun tertulis.

  1. Menurut Sunaryo

Bahasa adalah bahasa dengan struktur budaya yang mempunyai fungsi. Bahasa itu sendiri merupakan akar dari produk budaya yang fungsinya sebagai sarana untuk berpikir. Selain itu Bahasa juga merupakan pendukung pertumbuhan dan perkembangan bagi ilmu pengetahuan serta teknologi.

  1. Menurut Owen

Bahasa adalah kode yang penyampaian menggunakan simbol-simbol yang sesuai dengan aturan. Bahasa dapat digunakan baik secara sosial maupun individu.

  1. Menurut Santoso

Bahasa adalah bunyi yang berasal dari ucapan manusia baik secara sadar maupun tidak.

  1. Menurut Wibowo

Bahasa adalah simbol bunyi yang memiliki artikulasi dan sifatnya arbitrer atau konvensional. Bahasa digunakan untuk alat komunikasi sekelompok manusia agar menghasilkan perasaan serta pikiran.

  1. Menurut Panggabean

Bahasa adalah sistem yang mengungkapkan dan melaporkan apa yang dihasilkan oleh sistem saraf.

Pengertian televisi

Tahapan Penyempurnaan EYD :

  1. Ejaan van Ophuijsen

Ejaan van Ophuijsen adalah ejaan dari bahasa melayu yang menggunakan huruf latin. Pada tahun 1896 ejaan van Ophuijsen pertama kali dipopulerkan oleh Charles Van Ophuijsen. Ejaan ini baru diresmikan oleh pemerintah  pada tahun 1901

  1. Ejaan Republik

Ejaan Republik adalah ejaan yang sengaja diciptakan agar menggantikan serta memperbaiki ejaan-ejaan Bahasa Indonesia sebelumnya. Pada tanggal 19 maret tahun 1947 merupakan tanggal dimana ejaan ini diresmikan.

  1. Ejaan Melindo (Melayu Indonesia)

Ejaan Melindo adalah ejaan yang tidak pernah diresmikan. Penyebab dari tidak diresmikannya ejaan ini yaitu karena banyaknya permasalahan politik yang terjadi pada saat itu. Adanya ejaan melindo yaitu setelah ejaan republic diresmikan. Pemerintah kemudian merubah kembali struktur ejaan Bahasa Indonesia dan diberi nama ejaan melindo ini.

  1. EYD (Ejaan Yang Disempurnakan)

Ejaan yang disempurnakan merupakan ejaan yang terus berlaku hingga sekarang. Ejaan ini dirasmikan pada tahun 1972. Ejaan ini mengalami banyak sekali mengalami perubahan. Salah satu perubahan ejaan ini iaitu seperti huruf hubung TJ, OE, CH, yang di tidiakan serta digantikan dengan huruf hubung yang lebih mudah untuk digunakan.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments