Paragraf Narasi Contoh

Posted on

Pengertian Paragraf Narasi

Paragraf narasi adalah salah satu jenis paragraf dalam penulisan karangan yang berisi cerita atau rangkaian peristiwa. Paragraf narasi juga dapat diartikan sebagai paragraf yang menceritakan suatu kejadian, kegiatan, atau pengalaman yang terjadi pada masa lampau atau sedang terjadi. Paragraf narasi memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang kejadian atau peristiwa yang sedang atau pernah terjadi.

Ciri-ciri Paragraf Narasi

Ciri-ciri dari paragraf narasi adalah:- Memiliki alur cerita yang teratur dan logis- Menggunakan urutan waktu atau kronologis- Berisi deskripsi yang jelas mengenai tokoh, latar, dan suasana- Mengandung dialog atau percakapan antar tokoh- Dapat memiliki unsur intrik atau konflik- Dapat memiliki unsur suspense atau ketegangan- Menggunakan bahasa yang lugas dan mudah dipahami

Contoh Paragraf Narasi

Contoh paragraf narasi adalah sebagai berikut:”Saat itu, saya sedang berjalan-jalan di taman kota. Tiba-tiba, saya melihat sekelompok anak kecil yang sedang bermain bola. Saya terpesona dengan semangat mereka yang begitu tinggi. Saya pun memutuskan untuk bergabung dengan mereka. Kami bermain bola bersama-sama selama kurang lebih satu jam. Saat matahari mulai terbenam, saya pamit untuk pulang. Namun, anak-anak tersebut meminta saya untuk bermain bersama lagi di lain waktu. Saya merasa senang dan berjanji akan datang lagi.”

Kelebihan Paragraf Narasi

Paragraf narasi memiliki beberapa kelebihan, antara lain:- Dapat membantu pembaca untuk memahami suatu kejadian atau peristiwa- Dapat membuat pembaca terhibur atau terinspirasi- Dapat meningkatkan daya imajinasi pembaca

Kesimpulan

Paragraf narasi merupakan salah satu jenis paragraf dalam penulisan karangan yang berisi cerita atau rangkaian peristiwa. Paragraf narasi memiliki ciri-ciri seperti memiliki alur cerita yang teratur dan logis, menggunakan urutan waktu atau kronologis, dan menggunakan bahasa yang lugas dan mudah dipahami. Paragraf narasi dapat memiliki kelebihan seperti dapat membantu pembaca untuk memahami suatu kejadian atau peristiwa, dapat membuat pembaca terhibur atau terinspirasi, dan dapat meningkatkan daya imajinasi pembaca.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments