Majas Alegori: Pengertian, Contoh, dan Maknanya

Posted on

Majas alegori merupakan salah satu jenis majas yang sering digunakan dalam sastra dan bahasa Indonesia. Majas alegori adalah majas yang menggambarkan suatu hal atau peristiwa dengan menggunakan kiasan atau metafora. Dalam majas alegori, makna sebenarnya dari sesuatu diungkapkan melalui gambaran yang lain.

Pengertian Majas Alegori

Pengertian majas alegori adalah majas yang menggambarkan suatu hal atau peristiwa dengan menggunakan kiasan atau metafora. Dalam majas alegori, makna sebenarnya dari sesuatu diungkapkan melalui gambaran yang lain. Contohnya, dalam cerita rakyat “Si Kancil dan Buaya”, kancil digambarkan sebagai hewan yang cerdik dan pintar, sedangkan buaya digambarkan sebagai hewan yang bodoh dan mudah ditipu. Dalam cerita ini, kancil dan buaya sebenarnya merepresentasikan manusia yang cerdik dan manusia yang bodoh.

Contoh Majas Alegori

Berikut adalah contoh-contoh majas alegori:

1. “Air mataku mengalir seperti sungai yang deras.”

Majas alegori dalam kalimat ini adalah “air mataku” yang digambarkan sebagai “sungai yang deras”. Makna sebenarnya dari kalimat ini adalah bahwa air mata yang keluar dari mata penutur sangat deras.

2. “Bunga-bunga itu menari-nari di taman, seperti anak-anak yang riang gembira.”

Majas alegori dalam kalimat ini adalah “bunga-bunga” yang digambarkan sebagai “anak-anak yang riang gembira”. Makna sebenarnya dari kalimat ini adalah bahwa bunga-bunga di taman terlihat sangat ceria dan indah.

Makna Majas Alegori

Makna dari majas alegori adalah untuk menyampaikan pesan atau makna yang lebih dalam melalui gambaran atau kiasan yang lain. Hal ini membuat pembaca atau pendengar lebih mudah memahami pesan yang ingin disampaikan. Contohnya, dalam cerita rakyat “Si Kancil dan Buaya”, kancil digambarkan sebagai hewan yang cerdik dan pintar, sedangkan buaya digambarkan sebagai hewan yang bodoh dan mudah ditipu. Dalam cerita ini, kancil dan buaya sebenarnya merepresentasikan manusia yang cerdik dan manusia yang bodoh.

Kesimpulan

Majas alegori adalah salah satu jenis majas yang sering digunakan dalam sastra dan bahasa Indonesia. Majas alegori adalah majas yang menggambarkan suatu hal atau peristiwa dengan menggunakan kiasan atau metafora. Dalam majas alegori, makna sebenarnya dari sesuatu diungkapkan melalui gambaran yang lain. Makna dari majas alegori adalah untuk menyampaikan pesan atau makna yang lebih dalam melalui gambaran atau kiasan yang lain. Contohnya, dalam cerita rakyat “Si Kancil dan Buaya”, kancil digambarkan sebagai hewan yang cerdik dan pintar, sedangkan buaya digambarkan sebagai hewan yang bodoh dan mudah ditipu. Dalam cerita ini, kancil dan buaya sebenarnya merepresentasikan manusia yang cerdik dan manusia yang bodoh.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments