Lensa Cekung: Sifat, Rumus, dan Sinar Istimewa

Posted on

Apakah Anda pernah mendengar tentang lensa cekung? Lensa ini adalah salah satu jenis lensa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Lensa cekung memiliki berbagai sifat dan rumus yang perlu diketahui, terutama bagi Anda yang memiliki minat dalam bidang optik. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang sifat, rumus, dan sinar istimewa pada lensa cekung.

Sifat Lensa Cekung

Lensa cekung memiliki beberapa sifat yang perlu diketahui. Pertama, lensa cekung memiliki permukaan yang melengkung ke dalam dan bagian tengahnya lebih tipis dari bagian pinggirnya. Kedua, lensa cekung memiliki pusat lengkung yang terletak di sebelah depan lensa. Ketiga, lensa cekung memiliki fokus yang positif dan jarak fokusnya terletak di depan lensa.

Sifat-sifat tersebut menjadikan lensa cekung memiliki kemampuan untuk memperkecil objek yang diambil gambarnya. Selain itu, lensa cekung juga dapat digunakan untuk memperbaiki rabun jauh pada mata.

Rumus Lensa Cekung

Untuk menghitung sifat lensa cekung, diperlukan beberapa rumus. Berikut adalah beberapa rumus yang perlu diketahui:

  • 1/f = (n-1) x (1/R1 – 1/R2)
  • M = -i/o = hi/ho = f/(f-d)

Di mana:

  • f adalah jarak fokus lensa
  • n adalah indeks bias suatu medium
  • R1 dan R2 adalah jari-jari lengkung dua permukaan lensa
  • i adalah jarak antara objek dan lensa
  • o adalah jarak antara bayangan dan lensa
  • h adalah ukuran objek atau bayangan
  • d adalah jarak antara objek dan bayangan

Dengan menggunakan rumus-rumus tersebut, Anda dapat menghitung sifat-sifat lensa cekung dengan mudah.

Sinar Istimewa pada Lensa Cekung

Sinar istimewa merupakan sinar yang datang secara tepat dari pusat lensa. Sinar ini akan melewati lensa dengan mengalami perubahan arah dan membentuk bayangan yang terbalik.

Terdapat tiga sinar istimewa yang perlu diketahui pada lensa cekung. Pertama, sinar yang melalui pusat lensa akan terus berjalan lurus. Kedua, sinar yang datang dari arah sejajar dengan sumbu optik akan melewati lensa dan kemudian bergerak ke pusat lensa. Ketiga, sinar yang datang dari fokus akan keluar dari lensa secara sejajar dengan sumbu optik.

Kesimpulan

Lensa cekung memiliki sifat dan rumus yang perlu diketahui dalam bidang optik. Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang sifat, rumus, dan sinar istimewa pada lensa cekung. Dengan mengetahui sifat-sifat dan rumus-rumus tersebut, Anda dapat menghitung jarak fokus lensa serta ukuran objek dan bayangan dengan mudah.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments