Kubisme: Seni Lukis Abstrak yang Menggebrak

Posted on

Seni lukis kubisme merupakan salah satu aliran seni abstrak yang cukup populer di dunia seni. Aliran ini muncul pada awal abad ke-20, tepatnya pada tahun 1907 di Paris, Perancis. Aliran ini terkenal dengan gaya gambar berbasis geometris dan abstrak. Kubisme menekankan pada bentuk, warna, dan bidang dalam karya seni mereka.

Sejarah Kubisme

Kubisme pertama kali diperkenalkan oleh dua seniman asal Perancis, yaitu Georges Braque dan Pablo Picasso. Mereka menciptakan karya seni yang menggabungkan bentuk-bentuk geometris seperti kubus, lingkaran, dan segitiga ke dalam karya seni mereka.

Pada awalnya, para seniman kubisme ini mengeksplorasi bentuk-bentuk geometris dan abstrak dalam karya seni mereka. Mereka mencoba untuk memecahkan cara tradisional dalam melukis dan mengekspresikan diri mereka melalui bentuk, warna, dan bidang.

Setelah beberapa tahun, kubisme mulai menyebar ke seluruh dunia seni. Aliran ini mendapat pengikut yang cukup banyak dan mempengaruhi banyak seniman lainnya dalam berkarya. Kubisme juga menjadi dasar bagi aliran seni abstrak lainnya seperti futurisme dan suprematisme.

Karakteristik Kubisme

Kubisme memiliki karakteristik yang unik dan mudah dikenali. Beberapa karakteristik kubisme antara lain:

  • Memiliki bentuk-bentuk geometris yang kompleks dan abstrak
  • Menekankan pada tampilan 3 dimensi yang direpresentasikan dalam 2 dimensi
  • Menggunakan warna-warna yang terbatas dan terfokus pada gradasi warna
  • Memiliki sudut pandang yang berbeda dari sudut pandang tradisional

Jenis-jenis Kubisme

Ada beberapa jenis kubisme yang dikenal dalam dunia seni. Beberapa di antaranya adalah:

Kubisme Analitis

Kubisme analitis adalah jenis kubisme yang menekankan pada analisis bentuk dalam karya seni. Seniman kubisme analitis akan memecah objek menjadi beberapa bagian dan merepresentasikan setiap bagian secara terpisah. Hasil akhir dari kubisme analitis adalah gambar yang terlihat sangat kompleks dan abstrak.

Kubisme Simultan

Kubisme simultan adalah jenis kubisme yang menekankan pada kesan gerakan dalam gambar. Seniman kubisme simultan akan merepresentasikan objek dalam beberapa sudut pandang dan menggabungkannya dalam satu gambar. Hasil akhir dari kubisme simultan adalah gambar yang terlihat dinamis dan memperlihatkan kesan gerakan.

Seniman Kubisme Terkenal

Banyak seniman terkenal yang terlibat dalam aliran kubisme. Beberapa di antaranya adalah:

  • Georges Braque
  • Pablo Picasso
  • Juan Gris
  • Robert Delaunay
  • Fernand Léger

Pengaruh Kubisme dalam Dunia Seni

Kubisme memiliki pengaruh yang sangat besar dalam dunia seni. Aliran ini membuka jalan bagi perkembangan seni abstrak dan mengubah cara pandang orang terhadap seni. Kubisme juga menjadi dasar bagi aliran seni abstrak lainnya seperti futurisme dan suprematisme.

Kritik terhadap Kubisme

Meskipun kubisme menjadi aliran seni yang cukup populer, namun aliran ini juga mendapatkan kritik dari beberapa kalangan. Beberapa kritik yang dialamatkan kepada aliran kubisme antara lain:

  • Karya seni kubisme terlihat sangat abstrak dan sulit dipahami oleh orang awam
  • Kubisme dianggap memecah objek menjadi beberapa bagian dan merusak keindahan objek asli
  • Kubisme dianggap terlalu mengedepankan analisis bentuk dan kurang memperhatikan ekspresi dan emosi dalam karya seni

Kesimpulan

Kubisme merupakan salah satu aliran seni abstrak yang cukup populer di dunia seni. Aliran ini muncul pada awal abad ke-20 di Paris, Perancis. Kubisme menekankan pada bentuk, warna, dan bidang dalam karya seni mereka. Beberapa karakteristik kubisme antara lain memiliki bentuk-bentuk geometris yang kompleks dan abstrak, menekankan pada tampilan 3 dimensi yang direpresentasikan dalam 2 dimensi, menggunakan warna-warna yang terbatas, dan memiliki sudut pandang yang berbeda dari sudut pandang tradisional. Ada beberapa jenis kubisme yang dikenal dalam dunia seni seperti kubisme analitis dan kubisme simultan. Kubisme memiliki pengaruh yang sangat besar dalam dunia seni dan menjadi dasar bagi aliran seni abstrak lainnya seperti futurisme dan suprematisme. Meskipun kubisme mendapatkan kritik dari beberapa kalangan, namun aliran ini tetap menjadi salah satu aliran seni yang sangat populer dan menginspirasi banyak seniman lainnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments