Doa Sehari-Hari

Posted on

Doa sehari-hari adalah doa-doa yang dibaca setiap hari sebagai wujud rasa syukur dan memohon perlindungan serta petunjuk dari Allah SWT. Berikut adalah beberapa doa sehari-hari yang dapat diamalkan:

Doa Bangun Tidur

Alhamdulillahilladzi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihinnusyuur. Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nya lah kami akan kembali.

Doa bangun tidur merupakan salah satu doa sehari-hari yang sangat penting untuk membuka mata kita pada pagi hari dengan rasa syukur. Dengan mengucapkan kata-kata ini, kita akan merasa lebih bersyukur dan siap menghadapi hari yang baru.

Doa Sebelum Makan

Bismillahirrohmaanirrohiim. Artinya: Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Berdoa sebelum makan adalah salah satu bentuk syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan rezeki kepada kita. Dengan berdoa sebelum makan, kita juga akan terhindar dari kebiasaan buruk seperti makan dengan rakus dan tidak bersyukur.

Doa Sesudah Makan

Alhamdulillaahil ladzi ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alanaa muslimiin. Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minuman serta menjadikan kami sebagai orang muslim.

Doa sesudah makan merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan makanan dan minuman yang cukup untuk kita. Dengan berdoa, kita akan terhindar dari kebiasaan buruk seperti makan berlebihan dan tidak bersyukur.

Doa Sebelum Tidur

Bismika Allaahumma amuutu wa ahyaa. Artinya: Dengan nama-Mu Ya Allah, aku mati dan aku hidup.

Doa sebelum tidur merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan waktu istirahat untuk tubuh kita. Dengan berdoa, kita juga akan merasa tenang dan terhindar dari mimpi buruk saat tidur.

Doa Ketika Masuk Rumah

Bismillaahi walajnaa, wa bismillaahi kharajnaa, wa ‘alaa Rabbinaa tawakkalnaa. Artinya: Dengan nama Allah kita masuk (rumah), dengan nama Allah kita keluar (rumah), dan kepada Rabb kita kita bertawakkal.

Doa ketika masuk rumah adalah doa sehari-hari yang sangat penting untuk menyadarkan kita bahwa Allah SWT lah yang memberikan tempat tinggal untuk kita. Dengan berdoa, kita juga akan merasa lebih tenang dan aman dalam rumah.

Doa Ketika Masuk Masjid

Bismillaah, was Salaatu was Salaamu ‘alaa Rasoolillaah. Allahummaftah lee abwaaba rahmatika. Artinya: Dengan nama Allah, semoga keselamatan dan kesejahteraan terlimpah atas Rasulullah. Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu untukku.

Doa ketika masuk masjid adalah doa sehari-hari yang dilakukan umat muslim ketika masuk ke dalam masjid. Dengan berdoa, kita akan merasa lebih tenang dan fokus dalam beribadah di masjid.

Doa Ketika Keluar Masjid

Bismillaahi walajnaa, wa bismillaahi kharajnaa, wa ‘alaa Rabbinaa tawakkalnaa. Artinya: Dengan nama Allah kita masuk (masjid), dengan nama Allah kita keluar (masjid), dan kepada Rabb kita kita bertawakkal.

Doa ketika keluar masjid adalah doa sehari-hari yang dilakukan umat muslim ketika keluar dari masjid. Dengan berdoa, kita akan merasa lebih tenang dan fokus dalam melanjutkan aktivitas hari ini.

Doa Ketika Mendengar Adzan

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Ashhadu alla ilaaha illallah. Ashhadu anna Muhammadar Rasoolullaah. Hayya ‘alas-salaah, hayya ‘alal-falaah. Artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasulullah. Mari menuju shalat, mari menuju kemenangan.

Doa ketika mendengar adzan adalah doa sehari-hari yang dilakukan umat muslim ketika mendengar panggilan shalat. Dengan berdoa, kita akan merasa lebih semangat untuk beribadah dan memperbaiki diri.

Doa Ketika Shalat

Subhaana rabbiyal ‘adziim. Artinya: Maha suci Tuhan yang Maha Agung.

Ketika sedang menjalankan ibadah shalat, sebaiknya kita senantiasa berdoa dan memperbanyak zikir. Salah satu doa sehari-hari yang dapat dilakukan ketika shalat adalah mengucapkan kalimat “Subhaana rabbiyal ‘adziim” yang artinya “Maha suci Tuhan yang Maha Agung”.

Doa Setelah Shalat

Astaghfirullah, astaghfirullah, astaghfirullah al’adziim. Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah, aku memohon ampun kepada Allah, aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung.

Doa setelah shalat merupakan salah satu doa sehari-hari yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. Dengan berdoa, kita akan merasa lebih tenang dan terhindar dari dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Doa Ketika Berjalan

Bismillah, tawakkaltu ‘alallah, wala haula wala quwwata illa billah. Artinya: Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada-Nya, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Ketika sedang berjalan, kita dapat berdoa dengan mengucapkan kalimat “Bismillah, tawakkaltu ‘alallah, wala haula wala quwwata illa billah” yang artinya “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada-Nya, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah”.

Doa Ketika Naik Kendaraan

Bismillah, wa billah, wa tawakkaltu ‘alallah. Artinya: Dengan nama Allah, dengan Allah, aku bertawakkal kepada-Nya.

Doa ketika naik kendaraan adalah salah satu doa sehari-hari yang penting untuk kita amalkan. Dengan berdoa, kita akan merasa lebih tenang dan nyaman dalam perjalanan.

Doa Ketika Turun Kendaraan

Bismillaahi alladzi laa yadhurru ma’asmihi syaiun fil ardhi wa laa fis samaa’i wa huwas samii’ul ‘aliim. Artinya: Dengan nama Allah, tidak ada sesuatu pun yang dapat membahayakan diriku di bumi atau di langit dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Doa ketika turun kendaraan adalah salah satu doa sehari-hari yang penting untuk kita amalkan. Dengan berdoa, kita akan merasa lebih tenang dan terhindar dari kecelakaan saat turun dari kendaraan.

Doa Ketika Masuk Kamar Mandi

Bismillahilladzi laa ilaha illa huwa. Artinya: Dengan nama Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia.

Doa ketika masuk kamar mandi adalah doa sehari-hari yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. Dengan berdoa, kita akan merasa lebih tenang dan terhindar dari gangguan dari jin atau setan saat berada di kamar mandi.

Doa Setelah Keluar Kamar Mandi

Ghufranaka. Artinya: Aku memohon ampun kepada-Mu.

Doa setelah keluar kamar mandi adalah salah satu doa sehari-hari yang penting untuk kita amalkan. Dengan berdoa, kita akan merasa lebih tenang dan terhindar dari gangguan dari jin atau setan saat keluar dari kamar mandi.

Doa Ketika Sakit

Bismillah, a’udzu billahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru. Artinya: Dengan nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari segala keburukan yang aku rasakan dan aku hindari.

Doa ketika sakit adalah salah satu doa sehari-hari yang penting untuk kita amalkan. Dengan berdoa, kita akan merasa lebih tenang dan terhindar dari gangguan dari jin atau setan saat sedang sakit.

Doa Ketika Hujan

Allahumma sayyiban nafi’an. Artinya: Ya Allah, rahmatilah kami dengan hujan yang bermanfaat.

Doa ketika hujan adalah salah satu doa sehari-hari yang dianjurkan jika hujan turun. Dengan berdoa, kita akan merasa lebih tenang dan terhindar dari bencana yang mungkin terjadi akibat hujan yang turun.

Doa Ketika Ada Angin Kencang

Allahumma innii as’aluka khairaha wa khaira ma fiha wa khaira ma ursilat bihi wa a’udzu bika min sharriha wa sharri ma fiha wa sharri ma ursilat bihi. Artinya: Ya Allah, aku memohon kebaikan dari angin ini dan segala yang ada di dalamnya dan kebaikan dari apa yang dikirimkan dengannya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini dan segala yang ada di dalamnya dan keburukan dari apa yang dikirimkan dengannya.

Doa ketika ada angin kencang adalah salah satu doa sehari-hari yang dianjurkan jika terjadi angin kencang. Dengan berdoa, kita akan merasa lebih tenang dan terhindar dari bencana yang mungkin terjadi akibat angin kencang.

Doa Ketika Terdengar Petir

A’udzu billahil ‘azhiim min syarril kaunii wa syarril makhluuqii wa syarril syaithaanii wa jahdihi wa shirkihi. Artinya: Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dari kejahatan makhluk-Nya, setan dan godaan serta syirik.

Doa ketika terdengar petir adalah salah satu doa sehari-hari yang dianjurkan jika terdengar petir. Dengan berdoa, kita akan merasa lebih tenang dan terhindar dari bencana yang mungkin terjadi akibat petir.

Doa Ketika Terdengar Gempa Bumi

Subhanallah, walhamdulillah, wala ilaha illallah, wallahu akbar. Artinya: Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.

Doa ketika terdengar gempa bumi adalah salah satu doa sehari-hari yang dianjurkan jika terjadi gempa bumi. Dengan berdoa, kita akan merasa lebih tenang dan terhindar dari bencana yang mungkin terjadi akibat gempa bumi.

Doa Ketika Terdengar Suara Guntur

Subhanallah, walhamdulillah, wala ilaha illallah, wallahu akbar. Artinya: Maha suci Allah, segala

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments