Devisa: Pengertian, Manfaat, dan Pentingnya Bagi Indonesia

Posted on

Devisa atau Devisen adalah singkatan dari Devisenvaluta atau mata uang asing yang berfungsi sebagai alat pembayaran internasional. Devisa sangat penting bagi perekonomian Indonesia karena dapat meningkatkan cadangan devisa negara dan memperkuat nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang devisa.

Pengertian Devisa

Devisa adalah segala jenis alat pembayaran yang dapat diterima oleh suatu negara dari luar negeri, seperti uang tunai, cek, wesel, transfer bank, kartu kredit, dan lain sebagainya. Devisa bisa berasal dari kegiatan ekspor, pengiriman remitansi, investasi asing, pariwisata, dan lain-lain.

Devisa juga bisa diartikan sebagai selisih antara nilai ekspor dan impor suatu negara, yang biasa disebut sebagai neraca perdagangan. Jika nilai ekspor lebih besar dari impor, maka neraca perdagangan akan surplus dan devisa negara akan bertambah.

Manfaat Devisa

Devisa memiliki banyak manfaat bagi perekonomian Indonesia, di antaranya:

1. Meningkatkan cadangan devisa negara

Dengan adanya devisa, maka cadangan devisa negara akan bertambah. Cadangan devisa ini sangat penting untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, serta untuk membiayai impor barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

2. Meningkatkan investasi asing

Banyak investor asing yang tertarik untuk berinvestasi di Indonesia karena negara ini memiliki potensi yang besar dan stabilitas politik yang relatif baik. Dengan adanya devisa, maka investor asing akan semakin percaya untuk menanamkan modalnya di Indonesia karena mereka tahu bahwa mereka dapat dengan mudah mengonversi keuntungan mereka ke mata uang asing.

3. Meningkatkan pariwisata

Indonesia memiliki keindahan alam dan keanekaragaman budaya yang menarik bagi wisatawan asing. Dengan adanya devisa, maka para pelaku pariwisata di Indonesia akan semakin gencar mempromosikan destinasi wisata yang ada di Indonesia. Hal ini akan meningkatkan jumlah wisatawan asing yang datang ke Indonesia dan memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia.

Pentingnya Devisa Bagi Indonesia

Devisa sangat penting bagi Indonesia karena negara ini memiliki ketergantungan tinggi terhadap impor barang dan jasa, seperti minyak mentah, mesin, bahan baku industri, dan lain-lain. Tanpa adanya devisa, maka Indonesia akan kesulitan untuk membiayai impor barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Selain itu, devisa juga sangat penting untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. Jika nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing terus melemah, maka harga barang di dalam negeri akan semakin mahal dan masyarakat akan kesulitan untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan.

Karena itu, pemerintah Indonesia selalu berusaha untuk meningkatkan devisa negara dengan mengembangkan sektor ekspor, menarik investasi asing, serta mempromosikan pariwisata di Indonesia.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa devisa sangat penting bagi perekonomian Indonesia karena dapat meningkatkan cadangan devisa negara, memperkuat nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, serta membiayai impor barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia harus terus berupaya untuk meningkatkan devisa negara dengan mengembangkan sektor ekspor, menarik investasi asing, serta mempromosikan pariwisata di Indonesia.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments