Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

Posted on

Kegiatan sekolah adalah salah satu bentuk kegiatan yang sering diadakan di sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan juga sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan siswa. Sebagai salah satu bentuk kegiatan sekolah, proposal kegiatan sekolah menjadi hal yang penting untuk dipersiapkan.

Pengertian Proposal Kegiatan Sekolah

Proposal kegiatan sekolah adalah sebuah rancangan kegiatan yang disusun secara tertulis untuk diusulkan kepada pihak yang berwenang dalam lingkungan sekolah. Proposal ini berisi tentang rencana kegiatan, tujuan kegiatan, waktu pelaksanaan, sumber daya yang dibutuhkan, dan juga anggaran yang diperlukan.

Dalam penyusunan proposal kegiatan sekolah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, proposal harus disusun dengan jelas dan sistematis. Kedua, proposal harus memuat informasi yang lengkap dan akurat. Ketiga, proposal harus memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan. Keempat, proposal harus memperhatikan aspek kreativitas dan inovasi agar kegiatan yang diadakan dapat menarik minat siswa.

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

Berikut ini adalah contoh proposal kegiatan sekolah yang bisa menjadi referensi dalam penyusunan proposal kegiatan sekolah.

Judul Kegiatan : Lomba Karya Tulis Ilmiah

Latar Belakang :

Saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat. Oleh karena itu, siswa perlu didorong untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakan lomba karya tulis ilmiah. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa dapat lebih bersemangat untuk belajar dan berkreasi.

Tujuan :

1. Meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam menulis karya ilmiah.

2. Meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

3. Menumbuhkan semangat dan kreativitas siswa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Waktu Pelaksanaan :

Kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 20 – 22 September 2021.

Sumber Daya yang Dibutuhkan :

1. Ruang kelas untuk pelaksanaan lomba.

2. Perlengkapan tulis menulis seperti kertas, pena, dan lain sebagainya.

3. Juri yang terdiri dari guru-guru di sekolah.

Anggaran :

Biaya yang diperlukan untuk kegiatan ini adalah sebesar Rp 5.000.000,-. Dana ini akan digunakan untuk membeli perlengkapan tulis menulis, sertifikat, dan hadiah bagi pemenang.

Kesimpulan

Dalam penyusunan proposal kegiatan sekolah, perlu diperhatikan beberapa hal seperti kejelasan dan sistematika proposal, informasi yang lengkap dan akurat, aspek keamanan dan keselamatan, dan juga aspek kreativitas dan inovasi. Dengan menyusun proposal yang baik, diharapkan kegiatan sekolah yang diadakan dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi siswa dan sekolah.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments