Contoh Kebutuhan Sekunder: Pemenuhan Kebutuhan Non-Essensial

Posted on

Kebutuhan adalah suatu keinginan atau kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Ada dua jenis kebutuhan yaitu kebutuhan primer atau esensial dan kebutuhan sekunder atau non-esensial. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang tidak terlalu penting untuk kelangsungan hidup, namun tetap diperlukan untuk memenuhi kebutuhan psikologis dan sosial manusia.

1. Kebutuhan Fashion

Kebutuhan fashion adalah kebutuhan untuk tampil modis dan trendy. Kebutuhan ini biasanya terpenuhi dengan membeli pakaian, sepatu, dan aksesoris yang sesuai dengan tren fashion saat ini. Kebutuhan ini juga bisa terpenuhi dengan mengikuti tren fashion di media sosial atau menonton fashion show.

2. Kebutuhan Hiburan

Kebutuhan hiburan adalah kebutuhan untuk mengisi waktu luang dengan aktivitas yang menyenangkan. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan menonton film, membaca buku, mendengarkan musik, atau bermain game.

3. Kebutuhan Wisata

Kebutuhan wisata adalah kebutuhan untuk berlibur dan mengeksplorasi tempat-tempat baru. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan mengunjungi tempat wisata, baik di dalam maupun luar negeri.

4. Kebutuhan Teknologi

Kebutuhan teknologi adalah kebutuhan untuk memiliki gadget dan perangkat teknologi terbaru. Kebutuhan ini biasanya terpenuhi dengan membeli smartphone, laptop, atau tablet.

5. Kebutuhan Kecantikan

Kebutuhan kecantikan adalah kebutuhan untuk merawat dan mempercantik diri. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan menggunakan produk kecantikan, seperti skincare, make-up, dan perawatan salon.

6. Kebutuhan Makanan dan Minuman

Kebutuhan makanan dan minuman adalah kebutuhan untuk memenuhi hasrat rasa dan gizi tubuh. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan membeli makanan dan minuman favorit atau mencoba masakan baru.

7. Kebutuhan Pendidikan

Kebutuhan pendidikan adalah kebutuhan untuk mendapatkan pendidikan dan pengetahuan baru. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan mengikuti kursus, seminar, atau kuliah.

8. Kebutuhan Kepemilikan Rumah

Kebutuhan kepemilikan rumah adalah kebutuhan untuk memiliki tempat tinggal yang nyaman dan aman. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan membeli atau membangun rumah sendiri.

9. Kebutuhan Transportasi

Kebutuhan transportasi adalah kebutuhan untuk memiliki kendaraan pribadi atau memanfaatkan transportasi umum. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan membeli mobil, motor, atau tiket transportasi umum.

10. Kebutuhan Komunikasi

Kebutuhan komunikasi adalah kebutuhan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan menggunakan smartphone, telepon, atau aplikasi chatting.

11. Kebutuhan Hewan Peliharaan

Kebutuhan hewan peliharaan adalah kebutuhan untuk memiliki hewan yang bisa dijadikan teman atau penghibur. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan memelihara anjing, kucing, atau hewan peliharaan lainnya.

12. Kebutuhan Berbelanja

Kebutuhan berbelanja adalah kebutuhan untuk membeli barang-barang yang diinginkan. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan mengunjungi mall atau toko online.

13. Kebutuhan Kesenangan

Kebutuhan kesenangan adalah kebutuhan untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan bermain game, olahraga, atau aktivitas lain yang menyenangkan.

14. Kebutuhan Sosial

Kebutuhan sosial adalah kebutuhan untuk memiliki hubungan sosial yang baik dengan orang lain. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan bergaul dengan teman, keluarga, atau rekan kerja.

15. Kebutuhan Keamanan

Kebutuhan keamanan adalah kebutuhan untuk merasa aman dan terlindungi. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan memasang sistem keamanan di rumah atau memakai alat pelindung diri saat keluar rumah.

16. Kebutuhan Kesenian

Kebutuhan kesenian adalah kebutuhan untuk mengekspresikan diri melalui seni. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan menggambar, melukis, atau memainkan alat musik.

17. Kebutuhan Spiritual

Kebutuhan spiritual adalah kebutuhan untuk merasa dekat dengan Tuhan atau kepercayaan yang dianut. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan berdoa, meditasi, atau melakukan kegiatan keagamaan.

18. Kebutuhan Traveling

Kebutuhan traveling adalah kebutuhan untuk menjelajahi tempat baru dan mengalami budaya baru. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan melakukan perjalanan ke luar kota atau luar negeri.

19. Kebutuhan Olahraga

Kebutuhan olahraga adalah kebutuhan untuk menjaga kesehatan tubuh dan melatih diri. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan berolahraga di gym atau lapangan olahraga.

20. Kebutuhan Karir

Kebutuhan karir adalah kebutuhan untuk memiliki karir yang sukses dan memuaskan. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan bekerja di perusahaan yang diinginkan atau memulai usaha sendiri.

21. Kebutuhan Pakaian Tidur

Kebutuhan pakaian tidur adalah kebutuhan untuk memakai pakaian yang nyaman saat tidur. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan membeli piyama atau baju tidur yang nyaman.

22. Kebutuhan Kesehatan

Kebutuhan kesehatan adalah kebutuhan untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari penyakit. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan memeriksakan kesehatan secara rutin atau mengonsumsi makanan yang sehat.

23. Kebutuhan Pakaian Dalam

Kebutuhan pakaian dalam adalah kebutuhan untuk memakai pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh dan nyaman dipakai. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan membeli bra, celana dalam, atau baju renang yang sesuai.

24. Kebutuhan Gaya Hidup

Kebutuhan gaya hidup adalah kebutuhan untuk hidup sesuai dengan gaya hidup yang diinginkan. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan mengikuti tren gaya hidup atau memilih gaya hidup yang sehat dan ramah lingkungan.

25. Kebutuhan Peralatan Elektronik

Kebutuhan peralatan elektronik adalah kebutuhan untuk memiliki perangkat elektronik yang dibutuhkan. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan membeli televisi, home theater, atau perangkat lainnya.

26. Kebutuhan Peralatan Rumah Tangga

Kebutuhan peralatan rumah tangga adalah kebutuhan untuk memiliki peralatan rumah tangga yang dibutuhkan. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan membeli mesin cuci, kulkas, atau peralatan lainnya.

27. Kebutuhan Aksesori Kendaraan

Kebutuhan aksesori kendaraan adalah kebutuhan untuk mempercantik atau memperbaiki kendaraan yang dimiliki. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan membeli aksesori mobil atau motor.

28. Kebutuhan Kado

Kebutuhan kado adalah kebutuhan untuk memberikan atau menerima hadiah dari orang lain. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan membeli hadiah untuk keluarga, teman, atau pasangan.

29. Kebutuhan Perlengkapan Bayi

Kebutuhan perlengkapan bayi adalah kebutuhan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat memiliki bayi. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan membeli stroller, baju bayi, atau mainan bayi.

30. Kebutuhan Peralatan Olahraga

Kebutuhan peralatan olahraga adalah kebutuhan untuk memiliki peralatan yang dibutuhkan saat berolahraga. Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan membeli sepatu olahraga, bola, atau alat fitness.

Kesimpulan

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang tidak terlalu penting untuk kelangsungan hidup, namun tetap diperlukan untuk memenuhi kebutuhan psikologis dan sosial manusia. Contoh kebutuhan sekunder antara lain kebutuhan fashion, hiburan, wisata, teknologi, kecantikan, makanan dan minuman, pendidikan, kepemilikan rumah, transportasi, komunikasi, hewan peliharaan, berbelanja, kesenangan, sosial, keamanan, kesenian, spiritual, traveling, olahraga, karir, pakaian tidur, kesehatan, pakaian dalam, gaya hidup, peralatan elektronik, peralatan rumah tangga, aksesori kendaraan, kado, perlengkapan bayi, dan peralatan olahraga.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments