Cara Membuat Makalah

Posted on

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, pasti sudah tidak asing lagi dengan tugas yang satu ini, yaitu membuat makalah. Makalah merupakan salah satu tugas yang diberikan oleh guru atau dosen untuk melatih kemampuan dalam menulis dan berpikir kritis. Namun, terkadang masih banyak yang merasa kesulitan dalam membuat makalah. Nah, kali ini kita akan membahas cara membuat makalah dengan mudah dan efektif.

1. Tentukan Topik

Langkah pertama dalam membuat makalah adalah menentukan topik. Pilihlah topik yang sesuai dengan bidang studi atau minatmu. Pastikan topik yang dipilih cukup spesifik dan tidak terlalu umum.

2. Kumpulkan Bahan Referensi

Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya adalah mencari bahan referensi. Bahan referensi dapat berupa buku, jurnal, artikel, atau sumber lainnya. Pastikan bahan referensi yang digunakan relevan dengan topik yang dipilih.

3. Buat Outline

Setelah memiliki bahan referensi yang cukup, buatlah outline atau kerangka tulisan. Outline berfungsi sebagai panduan dalam menulis makalah. Buatlah kerangka tulisan sesuai dengan struktur makalah yang umumnya terdiri dari pendahuluan, isi, dan kesimpulan.

4. Tulis Pendahuluan

Pendahuluan adalah bagian awal dari makalah yang berfungsi untuk memperkenalkan topik yang akan dibahas. Tulislah pendahuluan yang menarik dan dapat memancing minat pembaca untuk membaca lebih lanjut.

5. Tulis Isi

Isi makalah adalah bagian yang paling penting dan menentukan kualitas makalah. Tulislah isi makalah dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Gunakan bahan referensi yang telah dikumpulkan sebelumnya untuk mendukung argumentasi.

6. Buat Kesimpulan

Kesimpulan adalah bagian akhir dari makalah yang berfungsi untuk menjabarkan kembali hasil penelitian atau analisis yang telah dilakukan. Tulislah kesimpulan yang singkat dan padat, namun mencakup semua poin penting yang telah dibahas.

7. Buat Daftar Pustaka

Setelah selesai menulis makalah, jangan lupa untuk membuat daftar pustaka. Daftar pustaka berisi semua bahan referensi yang telah digunakan dalam penulisan makalah. Buatlah daftar pustaka dengan format yang sesuai dengan standar akademik yang berlaku.

8. Buat Halaman Judul

Halaman judul adalah halaman awal dari makalah yang berisi judul, nama penulis, nama institusi, dan tanggal penulisan. Buatlah halaman judul dengan format yang sesuai dengan standar akademik yang berlaku.

9. Gunakan Bahasa yang Baku dan Jelas

Dalam menulis makalah, gunakanlah bahasa yang baku dan jelas. Hindari penggunaan bahasa yang ambigu atau sulit dipahami. Gunakan istilah yang sesuai dengan bidang studi atau topik yang dibahas.

10. Gunakan Gaya Penulisan yang Konsisten

Gunakan gaya penulisan yang konsisten sepanjang makalah. Hindari penggunaan gaya penulisan yang berbeda-beda pada bagian yang berbeda.

11. Gunakan Referensi yang Valid

Saat mencari bahan referensi, pastikan bahan referensi yang digunakan valid dan terpercaya. Gunakan referensi yang berasal dari sumber yang terpercaya dan diakui oleh dunia akademik.

12. Hindari Plagiarisme

Plagiarisme adalah tindakan menyalin karya orang lain tanpa memberikan sumber atau referensi yang jelas. Hindari plagiatisme dalam penulisan makalah dengan mencantumkan sumber atau referensi yang jelas dan akurat.

13. Gunakan Citasi yang Benar

Gunakan citasi yang benar dalam penulisan makalah. Cantumkan sumber atau referensi setiap kali mengutip atau merujuk pada bahan referensi yang digunakan.

14. Gunakan Tabel dan Grafik

Gunakan tabel dan grafik untuk memperjelas data atau informasi yang disajikan. Tabel dan grafik dapat membantu pembaca memahami data atau informasi dengan lebih mudah.

15. Gunakan Font yang Sesuai

Gunakan font yang sesuai dengan standar akademik yang berlaku. Hindari penggunaan font yang terlalu kecil atau terlalu besar.

16. Buat Paragraf yang Padat

Ciptakan paragraf yang padat dan mengandung satu ide utama. Hindari penggunaan paragraf yang terlalu panjang atau terlalu pendek.

17. Berikan Ruang pada Pembaca untuk Berpikir

Berikan ruang pada pembaca untuk berpikir dan menarik kesimpulan sendiri. Hindari penggunaan kalimat atau paragraf yang terlalu mengarahkan pembaca pada satu kesimpulan.

18. Gunakan Kata-kata yang Tepat

Gunakan kata-kata yang tepat dan sesuai dengan konteks. Hindari penggunaan kata-kata yang tidak jelas atau ambigu.

19. Berikan Contoh yang Relevan

Berikan contoh yang relevan untuk mendukung argumentasi atau analisis yang dilakukan. Contoh dapat membantu pembaca memahami dengan lebih baik.

20. Berikan Penjelasan yang Cukup

Berikan penjelasan yang cukup pada setiap argumen atau analisis yang dilakukan. Hindari penggunaan argumen atau analisis yang tidak jelas.

21. Buat Paragraf yang Koheren

Ciptakan paragraf yang koheren dan memiliki hubungan yang jelas antara satu dengan yang lainnya. Hindari penggunaan paragraf yang tidak terkait satu sama lain.

22. Buat Kalimat yang Variatif

Buat kalimat yang variatif dan menarik untuk dibaca. Hindari penggunaan kalimat yang monoton atau terlalu panjang.

23. Berikan Alternatif Solusi

Berikan alternatif solusi pada setiap masalah atau permasalahan yang dibahas. Alternatif solusi dapat memberikan nilai tambah pada makalah yang dibuat.

24. Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik

Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hindari penggunaan bahasa yang kasar atau tidak sesuai dengan standar bahasa Indonesia.

25. Buat Tanda Pengenal pada Setiap Gambar atau Tabel

Buat tanda pengenal pada setiap gambar atau tabel yang digunakan. Tanda pengenal dapat berupa nomor atau judul yang singkat.

26. Hindari Penggunaan Kata-kata yang Berlebihan

Hindari penggunaan kata-kata yang berlebihan atau tidak perlu. Gunakan kata-kata yang sesuai dengan konteks dan tidak merusak kesan makalah secara keseluruhan.

27. Jangan Menambahkan Informasi yang Tidak Relevan

Jangan menambahkan informasi yang tidak relevan atau tidak berhubungan dengan topik yang dibahas. Informasi yang tidak relevan dapat mengganggu konsistensi makalah secara keseluruhan.

28. Hindari Penggunaan Bahasa Gaul atau Slang

Hindari penggunaan bahasa gaul atau slang dalam penulisan makalah. Gunakan bahasa yang formal dan sesuai dengan standar akademik yang berlaku.

29. Berikan Judul yang Menarik dan Relevan

Berikan judul yang menarik dan relevan pada makalah yang dibuat. Judul yang menarik dapat meningkatkan minat pembaca untuk membaca makalah secara keseluruhan.

30. Periksa Kesalahan Tatabahasa dan Ejaan

Sebelum menyerahkan makalah, periksa kembali kesalahan tatabahasa dan ejaan. Hindari kesalahan tatabahasa dan ejaan yang dapat merusak kualitas makalah.

Kesimpulan

Membuat makalah memang tidak mudah, namun dengan mengikuti cara-cara di atas, kamu dapat membuat makalah dengan mudah dan efektif. Ingatlah untuk selalu menggunakan bahasa yang baku dan jelas, serta mencantumkan referensi atau sumber yang valid. Terakhir, periksalah kesalahan tatabahasa dan ejaan sebelum menyerahkan makalah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang belajar membuat makalah.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments