Besaran Pokok dan Turunan: Konsep Dasar untuk Memahami Fisika

Posted on

Apakah Anda pernah mendengar istilah besaran pokok dan turunan? Jika Anda sedang belajar fisika, maka Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Dalam fisika, besaran pokok dan turunan memegang peranan penting dalam mengukur dan memahami fenomena alam.

Apa Itu Besaran Pokok?

Besaran pokok adalah besaran yang tidak dapat didefinisikan melalui besaran-besaran lainnya. Besaran pokok merupakan besaran dasar yang digunakan untuk mengukur besaran-besaran lainnya. Di dalam sistem satuan internasional, terdapat 7 besaran pokok, yaitu:

  • Panjang
  • Massa
  • Waktu
  • Arus listrik
  • Suhu
  • Kuantitas zat
  • Intensitas cahaya

Apa Itu Besaran Turunan?

Besaran turunan adalah besaran yang didefinisikan melalui besaran-besaran pokok. Besaran turunan dapat dihitung menggunakan rumus yang melibatkan besaran-besaran pokok. Dalam fisika, terdapat banyak besaran turunan yang digunakan, seperti kecepatan, percepatan, gaya, energi, dan lain sebagainya.

Contoh Penghitungan Besaran Pokok dan Turunan

Untuk memahami konsep besaran pokok dan turunan, mari kita lihat contoh penghitungan sederhana. Misalkan kita ingin menghitung kecepatan mobil berdasarkan jarak yang ditempuh dan waktu yang diperlukan. Kecepatan merupakan besaran turunan, sedangkan jarak dan waktu merupakan besaran pokok.

Rumus untuk menghitung kecepatan adalah:

v = s/t

Dimana:

  • v adalah kecepatan
  • s adalah jarak yang ditempuh
  • t adalah waktu yang diperlukan

Jika mobil menempuh jarak 100 kilometer dalam waktu 2 jam, maka kecepatan mobil dapat dihitung sebagai berikut:

v = s/t = 100 km/2 jam = 50 km/jam

Dari contoh tersebut, dapat kita lihat bahwa besaran turunan dapat dihitung dengan menggunakan besaran pokok. Dengan memahami konsep besaran pokok dan turunan, kita dapat mengukur dan memahami fenomena alam dengan lebih baik.

Penerapan Besaran Pokok dan Turunan dalam Fisika

Besaran pokok dan turunan sangat penting dalam fisika, karena dengan menggunakan besaran tersebut, kita dapat mengukur dan memahami fenomena alam dengan lebih baik. Contohnya, dalam ilmu kinematika, kita menggunakan besaran pokok seperti jarak, waktu, dan kecepatan untuk mengukur gerakan benda. Sedangkan dalam ilmu dinamika, kita menggunakan besaran turunan seperti gaya, percepatan, dan energi untuk memahami interaksi antara benda-benda di alam.

Selain itu, besaran pokok dan turunan juga digunakan dalam berbagai bidang ilmu lainnya, seperti kimia, matematika, dan teknik. Oleh karena itu, memahami konsep besaran pokok dan turunan sangat penting bagi siapa saja yang ingin mempelajari ilmu pengetahuan.

Kesimpulan

Besaran pokok dan turunan merupakan konsep dasar dalam fisika yang sangat penting untuk mengukur dan memahami fenomena alam. Besaran pokok adalah besaran dasar yang tidak dapat didefinisikan melalui besaran-besaran lainnya, sedangkan besaran turunan didefinisikan melalui besaran-besaran pokok. Dengan memahami konsep besaran pokok dan turunan, kita dapat mengukur dan memahami fenomena alam dengan lebih baik. Besaran pokok dan turunan juga digunakan dalam berbagai bidang ilmu lainnya, seperti kimia, matematika, dan teknik.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments