Belajar Adjective Clause dengan Mudah

Posted on

Bahasa Inggris memiliki banyak tata bahasa yang harus dipelajari, salah satunya adalah adjective clause. Adjective clause sering digunakan dalam kalimat untuk memberikan informasi lebih tentang suatu benda atau subjek. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu adjective clause, jenis-jenisnya, dan bagaimana cara menggunakan adjective clause dengan benar.

Apa itu Adjective Clause?

Adjective clause atau relative clause adalah klausa yang berfungsi sebagai kata sifat dalam kalimat. Adjective clause biasanya diletakkan setelah kata benda atau subjek yang dijelaskan. Contoh:

“The book that I borrowed from the library is very interesting.”

Pada kalimat di atas, “that I borrowed from the library” adalah adjective clause yang menjelaskan kata benda “book”. Adjective clause ini memberikan informasi tambahan tentang buku yang sedang dibicarakan.

Jenis-Jenis Adjective Clause

Adjective clause dibagi menjadi dua jenis yaitu restrictive clause dan non-restrictive clause.

1. Restrictive Clause

Restrictive clause adalah adjective clause yang memberikan informasi penting tentang subjek atau benda yang dijelaskan. Restrictive clause biasanya tidak dipisahkan dengan koma dan tidak dapat dihilangkan tanpa mengubah makna kalimat. Contoh:

“The man who is wearing a blue shirt is my uncle.”

Pada kalimat di atas, adjective clause “who is wearing a blue shirt” memberikan informasi penting tentang pria yang sedang dibicarakan.

2. Non-Restrictive Clause

Non-restrictive clause adalah adjective clause yang memberikan informasi tambahan tentang subjek atau benda yang dijelaskan. Non-restrictive clause biasanya dipisahkan dengan koma dan dapat dihilangkan tanpa mengubah makna kalimat. Contoh:

“My uncle, who is wearing a blue shirt, is coming to visit.”

Pada kalimat di atas, non-restrictive clause “who is wearing a blue shirt” memberikan informasi tambahan tentang paman yang akan berkunjung.

Cara Menggunakan Adjective Clause

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan adjective clause dengan benar:

1. Identifikasi Subjek atau Benda yang Akan Dijelaskan

Tentukan subjek atau benda yang akan dijelaskan dengan adjective clause.

2. Tentukan Jenis Adjective Clause yang Akan Digunakan

Tentukan apakah akan menggunakan restrictive clause atau non-restrictive clause.

3. Pilih Kata Penghubung yang Sesuai

Pilih kata penghubung yang sesuai untuk menghubungkan adjective clause dengan subjek atau benda yang dijelaskan. Beberapa kata penghubung yang umum digunakan antara lain:

  • who
  • whom
  • whose
  • that
  • which

4. Buat Adjective Clause

Buat adjective clause dengan memasukkan kata penghubung dan informasi tambahan tentang subjek atau benda yang dijelaskan. Jangan lupa untuk menyesuaikan kata kerja dan kata benda dalam adjective clause dengan subjek atau benda yang dijelaskan. Contoh:

“The woman who is sitting next to me is my sister.”

Kesimpulan

Adjective clause adalah klausa yang berfungsi sebagai kata sifat dalam kalimat untuk memberikan informasi tambahan tentang subjek atau benda. Adjective clause dibagi menjadi dua jenis yaitu restrictive clause dan non-restrictive clause. Untuk menggunakan adjective clause dengan benar, kita perlu mengidentifikasi subjek atau benda yang akan dijelaskan, menentukan jenis adjective clause yang akan digunakan, memilih kata penghubung yang sesuai, dan membuat adjective clause dengan benar.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments