Bangun Ruang: Apa itu dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Posted on

Bangun ruang merupakan salah satu materi yang sering dipelajari di sekolah. Bangun ruang adalah objek tiga dimensi yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi. Contoh bangun ruang antara lain bola, kubus, prisma, limas, dan tabung.

Bangun Ruang Sederhana

Salah satu bangun ruang sederhana adalah kubus. Kubus memiliki enam sisi yang sama besar dan sama panjang. Luas permukaan kubus dapat dihitung dengan rumus 6 x s x s, sedangkan volume kubus dihitung dengan rumus s x s x s. S adalah panjang sisi kubus.

Contoh soal: Sebuah kubus memiliki sisi 10 cm. Hitunglah luas permukaan dan volume kubus tersebut.

Luas permukaan kubus = 6 x s x s = 6 x 10 cm x 10 cm = 600 cm2

Volume kubus = s x s x s = 10 cm x 10 cm x 10 cm = 1000 cm3

Bangun Ruang Kompleks

Salah satu bangun ruang kompleks adalah prisma segitiga. Prisma segitiga memiliki dua alas segitiga yang sama besar dan sama bentuk. Prisma segitiga juga memiliki tiga pasang sisi yang sama panjang dan saling sejajar. Luas permukaan prisma segitiga dapat dihitung dengan rumus luas alas + 3 x tinggi x alas, sedangkan volume prisma segitiga dihitung dengan rumus alas x tinggi.

Contoh soal: Sebuah prisma segitiga memiliki alas segitiga dengan panjang 10 cm dan tinggi 8 cm. Prisma segitiga tersebut memiliki tinggi 15 cm. Hitunglah luas permukaan dan volume prisma segitiga tersebut.

Luas permukaan prisma segitiga = luas alas + 3 x tinggi x alas

= 1/2 x alas x tinggi + 3 x tinggi x alas

= 1/2 x 10 cm x 8 cm + 3 x 15 cm x 10 cm

= 80 cm2 + 450 cm2

= 530 cm2

Volume prisma segitiga = alas x tinggi

= 1/2 x alas x tinggi x tinggi

= 1/2 x 10 cm x 8 cm x 15 cm

= 600 cm3

Kesimpulan

Bangun ruang merupakan objek tiga dimensi yang sering dipelajari di sekolah. Beberapa contoh bangun ruang antara lain kubus, prisma, limas, tabung, dan bola. Untuk menghitung luas permukaan dan volume bangun ruang, kita harus mengetahui rumus-rumus yang berlaku. Dengan memahami konsep bangun ruang, kita dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam perhitungan volume air pada kolam renang atau volume bahan bakar di tangki mobil.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments