Bangun Datar: Kenali Jenis dan Rumusnya

Posted on

Bangun datar adalah suatu bentuk geometri yang memiliki dua dimensi. Bangun datar dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari seperti segitiga pada atap rumah, persegi pada papan catur, atau lingkaran pada roda mobil. Pada artikel ini, kita akan mengenal jenis-jenis bangun datar beserta rumusnya.

Persegi

Persegi adalah bangun datar yang memiliki empat sisi yang sama panjang dan empat sudut yang sama besar. Rumus luas persegi adalah sisi x sisi, sedangkan rumus keliling persegi adalah 4 x sisi. Contohnya, jika sisi persegi adalah 5 cm, maka luas persegi adalah 25 cm² dan keliling persegi adalah 20 cm.

Persegi Panjang

Persegi panjang adalah bangun datar yang memiliki dua pasang sisi yang sama panjang dan keempat sudut yang sama besar. Rumus luas persegi panjang adalah panjang x lebar, sedangkan rumus keliling persegi panjang adalah 2 x (panjang + lebar). Contohnya, jika panjang persegi panjang adalah 6 cm dan lebarnya adalah 4 cm, maka luas persegi panjang adalah 24 cm² dan keliling persegi panjang adalah 20 cm.

Segitiga

Segitiga adalah bangun datar yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Terdapat beberapa jenis segitiga, antara lain segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, dan segitiga lancip. Rumus luas segitiga adalah ½ x alas x tinggi, sedangkan rumus keliling segitiga adalah jumlahkan ketiga sisinya. Contohnya, jika alas segitiga adalah 6 cm dan tingginya adalah 8 cm, maka luas segitiga adalah 24 cm² dan keliling segitiga tergantung panjang sisinya.

Lingkaran

Lingkaran adalah bangun datar yang memiliki jari-jari dan diameter. Rumus luas lingkaran adalah π x jari-jari², sedangkan rumus keliling lingkaran adalah 2 x π x jari-jari. Nilai π adalah konstanta yang bernilai sekitar 3,14. Contohnya, jika jari-jari lingkaran adalah 5 cm, maka luas lingkaran adalah 78,5 cm² dan keliling lingkaran adalah 31,4 cm.

Belah Ketupat

Belah ketupat adalah bangun datar yang memiliki empat sisi yang sama panjang dan keempat sudut yang sama besar. Rumus luas belah ketupat adalah ½ x diagonal 1 x diagonal 2, sedangkan rumus keliling belah ketupat adalah 4 x sisi. Contohnya, jika diagonal 1 belah ketupat adalah 8 cm dan diagonal 2 adalah 6 cm, maka luas belah ketupat adalah 24 cm² dan keliling belah ketupat adalah 32 cm.

Jajar Genjang

Jajar genjang adalah bangun datar yang memiliki dua pasang sisi yang sama panjang dan keempat sudut yang sama besar. Rumus luas jajar genjang adalah alas x tinggi, sedangkan rumus keliling jajar genjang adalah 2 x (sisi sejajar 1 + sisi sejajar 2). Contohnya, jika alas jajar genjang adalah 5 cm dan tingginya adalah 8 cm, maka luas jajar genjang adalah 40 cm² dan keliling jajar genjang adalah 22 cm.

Trapezium

Trapezium adalah bangun datar yang memiliki satu pasang sisi yang sejajar dan sudut yang berbeda. Rumus luas trapezium adalah ½ x jumlahkan kedua sisi sejajar x tinggi, sedangkan rumus keliling trapezium adalah jumlahkan keempat sisinya. Contohnya, jika sisi sejajar 1 trapezium adalah 6 cm, sisi sejajar 2 adalah 8 cm, dan tingginya adalah 4 cm, maka luas trapezium adalah 28 cm² dan keliling trapezium tergantung panjang sisinya.

Belah Kedua

Belah kedua adalah bangun datar yang memiliki dua pasang sisi yang sama panjang dan diagonal yang saling memotong sama besar. Rumus luas belah kedua adalah ½ x diagonal 1 x diagonal 2, sedangkan rumus keliling belah kedua adalah 2 x (sisi sejajar 1 + sisi sejajar 2). Contohnya, jika diagonal 1 belah kedua adalah 6 cm dan diagonal 2 adalah 6 cm, maka luas belah kedua adalah 18 cm² dan keliling belah kedua adalah 20 cm.

Conclusion

Itulah beberapa jenis bangun datar beserta rumusnya. Dengan mengenal jenis-jenis bangun datar, kita dapat lebih mudah menghitung luas dan keliling bangun datar tersebut. Selain itu, pemahaman tentang bangun datar juga dapat membantu dalam menyelesaikan soal-soal matematika dan dalam kehidupan sehari-hari.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments