Angiospermae Pengertian Ciri Ciri Contoh

Posted on

Angiospermae adalah salah satu jenis tumbuhan yang memiliki bunga dan biji tertutup. Tumbuhan ini dikenal juga dengan sebutan tumbuhan berbunga atau Magnoliophyta. Angiospermae memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan jenis tumbuhan lainnya. Berikut ini adalah pengertian, ciri-ciri, dan contoh angiospermae.

Pengertian Angiospermae

Angiospermae adalah tumbuhan yang memiliki biji tertutup dan bunga. Biji pada angiospermae dapat dibuka ketika siap untuk berkecambah. Angiospermae merupakan kelompok tumbuhan yang paling banyak ditemukan di seluruh dunia. Jenis-jenis angiospermae sangat beragam dan tersebar di berbagai habitat.

Ciri-Ciri Angiospermae

Beberapa ciri-ciri angiospermae yang membedakannya dengan jenis tumbuhan lainnya antara lain:

1. Memiliki bunga

Angiospermae memiliki bunga yang berfungsi sebagai organ reproduksi. Bunga pada angiospermae terdiri atas kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, dan putik. Bunga pada angiospermae juga dapat berwarna-warni sehingga menjadi indah dipandang.

2. Memiliki biji tertutup

Biji pada angiospermae dilindungi oleh biji tertutup atau disebut juga sebagai buah. Biji tertutup pada angiospermae memiliki berbagai bentuk, ukuran, dan warna yang berbeda-beda. Biji tertutup pada angiospermae juga memiliki kulit yang tebal sehingga dapat melindungi biji dari kerusakan.

3. Memiliki akar, batang, dan daun

Angiospermae memiliki akar, batang, dan daun yang berfungsi untuk menyerap air dan nutrisi dari tanah, menjaga kestabilan tumbuhan, serta melakukan fotosintesis. Akar, batang, dan daun pada angiospermae memiliki berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.

4. Mempunyai sistem peredaran air dan nutrisi

Sistem peredaran air dan nutrisi pada angiospermae menggunakan xilem dan floem. Xilem berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari akar ke daun, sedangkan floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

5. Berbiji sejati

Angiospermae termasuk dalam kelompok tumbuhan berbiji sejati atau Spermatophyta. Biji pada angiospermae memiliki kantung biji yang berisi embrio tumbuhan, cadangan makanan, dan kulit biji yang melindungi biji dari kerusakan.

Contoh Angiospermae

Berikut ini adalah contoh jenis-jenis angiospermae:

1. Anggrek

Anggrek merupakan jenis tumbuhan angiospermae yang terkenal dengan keindahan bunganya. Anggrek memiliki bunga yang beragam bentuk, ukuran, dan warna. Anggrek biasanya tumbuh di kawasan tropis dan subtropis.

2. Padi

Padi merupakan jenis tumbuhan angiospermae yang menjadi sumber makanan pokok bagi sebagian besar penduduk dunia. Padi memiliki bunga yang tergolong sederhana dan biji yang terdapat dalam malai atau gabah.

3. Mangga

Mangga merupakan jenis tumbuhan angiospermae yang memiliki buah yang lezat dan kaya akan vitamin. Buah mangga memiliki biji yang tertutup oleh kulit buah yang tebal. Mangga biasanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis.

4. Mawar

Mawar merupakan jenis tumbuhan angiospermae yang terkenal dengan keindahan bunganya. Mawar memiliki bunga yang beragam warna dan ukuran. Mawar biasanya tumbuh di daerah beriklim sedang hingga dingin.

5. Tomat

Tomat merupakan jenis tumbuhan angiospermae yang banyak dibudidayakan sebagai sayuran. Tomat memiliki bunga yang sederhana dan biji yang terdapat dalam buah yang berdaging. Tomat biasanya tumbuh di daerah beriklim hangat hingga sedang.

Kesimpulan

Angiospermae adalah jenis tumbuhan yang memiliki bunga dan biji tertutup. Beberapa ciri-ciri yang membedakan angiospermae dengan jenis tumbuhan lainnya antara lain memiliki bunga, biji tertutup, akar, batang, dan daun, serta sistem peredaran air dan nutrisi yang menggunakan xilem dan floem. Contoh jenis-jenis angiospermae antara lain anggrek, padi, mangga, mawar, dan tomat.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments