Penulisan Gelar

Penulisan gelar seringkali menjadi hal yang membingungkan bagi banyak orang. Hal ini disebabkan oleh banyaknya aturan dan kebiasaan yang berbeda-beda terkait penulisan gelar. Namun, penulisan gelar yang benar sangat penting karena dapat mempengaruhi kesan dan kredibilitas seseorang. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan gelar.

1. Gelar Akademik

Untuk gelar akademik, biasanya ditulis di belakang nama. Misalnya, Dr. John Doe atau Prof. Jane Smith. Namun, jika seseorang memiliki lebih dari satu gelar akademik, maka gelar yang lebih tinggi harus ditulis terlebih dahulu. Misalnya, Prof. Dr. John Doe atau Dr. rer. nat. Jane Smith.

2. Gelar Kepangkatan

Gelar kepangkatan biasanya ditulis di depan nama. Misalnya, Brigjen. John Doe atau Letkol. Jane Smith. Namun, jika ada lebih dari satu gelar kepangkatan, maka gelar yang lebih tinggi harus ditulis terlebih dahulu. Misalnya, Mayjen. TNI John Doe atau Kol. Inf. Jane Smith.

3. Gelar Kehormatan

Gelar kehormatan biasanya ditulis di belakang nama dan diawali dengan tanda kurung. Misalnya, John Doe, S.H. (Honoris Causa) atau Jane Smith, S.E. (Magna Cum Laude).

4. Gelar Profesi

Gelar profesi biasanya ditulis di depan atau di belakang nama, tergantung pada kebiasaan atau aturan yang berlaku. Misalnya, Drs. John Doe atau John Doe, S.E., M.M.

5. Singkatan Gelar

Singkatan gelar juga seringkali digunakan dalam penulisan gelar. Namun, singkatan gelar harus ditulis dengan benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Misalnya, S.Kom. untuk Sarjana Komputer atau S.Psi. untuk Sarjana Psikologi.

6. Penulisan Gelar di Kartu Nama

Dalam penulisan gelar di kartu nama, lebih baik tidak menggunakan singkatan gelar. Sebaiknya tuliskan gelar secara lengkap untuk menghindari kebingungan atau kesalahan dalam penulisan.

7. Penulisan Gelar di Surat Resmi

Dalam penulisan gelar di surat resmi, hindari menggunakan singkatan gelar kecuali memang aturan yang berlaku mengharuskan. Selain itu, pastikan penulisan gelar sesuai dengan aturan yang berlaku dan disesuaikan dengan konteks surat yang ditulis.

8. Penulisan Gelar di CV atau Resume

Dalam penulisan gelar di CV atau resume, sebaiknya tuliskan gelar secara lengkap dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Hindari menggunakan singkatan gelar jika tidak diperlukan.

9. Penulisan Gelar di Media Sosial

Dalam penulisan gelar di media sosial, sebaiknya hindari menggunakan gelar yang tidak relevan dengan profesi atau pekerjaan saat ini. Juga, pastikan penulisan gelar sesuai dengan aturan yang berlaku.

10. Penulisan Gelar dalam Bahasa Inggris

Dalam penulisan gelar dalam bahasa Inggris, biasanya gelar akademik ditulis dengan diikuti gelar kepangkatan. Misalnya, Dr. John Doe, S.E., M.M. atau Brig. Gen. John Doe, S.H.

11. Perbedaan Penulisan Gelar antara Negara

Perbedaan aturan penulisan gelar antara negara dapat menjadi hal yang membingungkan. Sebaiknya cari informasi mengenai aturan penulisan gelar di negara yang dituju atau di negara tempat bekerja.

12. Penulisan Gelar dalam Bahasa Daerah

Penulisan gelar dalam bahasa daerah juga perlu diperhatikan. Sebaiknya cari informasi mengenai aturan penulisan gelar dalam bahasa daerah yang digunakan.

13. Penulisan Gelar pada Nama Orang Asing

Penulisan gelar pada nama orang asing dapat menjadi hal yang membingungkan karena aturan penulisan gelar berbeda-beda di setiap negara. Sebaiknya cari informasi mengenai aturan penulisan gelar di negara asal orang tersebut dan sesuaikan dengan kebiasaan yang berlaku di Indonesia.

14. Kesimpulan

Penulisan gelar seringkali menjadi hal yang membingungkan bagi banyak orang. Namun, penulisan gelar yang benar sangat penting karena dapat mempengaruhi kesan dan kredibilitas seseorang. Dalam penulisan gelar, perlu diperhatikan jenis gelar, urutan penulisan, singkatan gelar, dan aturan penulisan yang berlaku. Selain itu, perbedaan aturan penulisan gelar antara negara dan penulisan gelar dalam bahasa daerah juga perlu diperhatikan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments