Sholat Jenazah: Doa dan Tata Cara dalam Islam

Posted on

Sholat jenazah merupakan salah satu kewajiban umat muslim ketika ada saudara atau kerabat yang meninggal dunia. Sholat jenazah adalah bentuk penghormatan terakhir yang diberikan kepada orang yang telah meninggal dunia. Dalam Islam, sholat jenazah juga dianggap sebagai doa untuk orang yang telah meninggal dunia agar mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT.

Tata Cara Sholat Jenazah

Tata cara sholat jenazah terdiri dari beberapa tahapan, di antaranya:

1. Membawa Jenazah ke Tempat Sholat

Langkah pertama dalam sholat jenazah adalah membawa jenazah ke tempat sholat. Jenazah harus diletakkan di atas alas yang bersih dan datar. Jika tempat sholat berada di luar ruangan, pastikan jenazah diletakkan di bawah tenda atau payung agar terlindungi dari sinar matahari atau hujan.

2. Niat Sholat Jenazah

Setelah jenazah diletakkan di tempat sholat, selanjutnya adalah melakukan niat sholat jenazah. Niat sholat jenazah adalah niat yang dilakukan di dalam hati untuk melaksanakan sholat jenazah. Niat sholat jenazah bisa dilakukan dengan mengucapkan kalimat niat di dalam hati.

3. Takbiratul Ihram

Setelah niat sholat jenazah, selanjutnya adalah melakukan takbiratul ihram. Takbiratul ihram dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu dan mengucapkan “Allahu Akbar”. Takbiratul ihram menandakan dimulainya sholat jenazah.

4. Membaca Doa Tawarruk

Setelah takbiratul ihram, selanjutnya adalah membaca doa tawarruk. Doa tawarruk adalah doa yang dilakukan ketika posisi tangan kanan menutup tangan kiri di dada. Doa tawarruk berisi permohonan ampunan dan keberkahan dari Allah SWT.

5. Membaca Doa Ta’awwudz

Setelah membaca doa tawarruk, selanjutnya adalah membaca doa ta’awwudz. Doa ta’awwudz adalah doa perlindungan kepada Allah SWT dari godaan setan dan segala kejahatan.

6. Membaca Surat Al Fatihah

Setelah membaca doa ta’awwudz, selanjutnya adalah membaca surat Al Fatihah. Surat Al Fatihah adalah surat pembuka Al Quran yang dianggap sebagai doa yang paling penting dan harus dibaca dalam setiap sholat.

7. Membaca Doa Iftitah

Setelah membaca surat Al Fatihah, selanjutnya adalah membaca doa iftitah. Doa iftitah adalah doa yang dilakukan sebelum ruku. Doa iftitah meminta perlindungan dan rahmat dari Allah SWT.

8. Membaca Doa Ibadah Sholat Jenazah

Setelah membaca doa iftitah, selanjutnya adalah membaca doa ibadah sholat jenazah. Doa ibadah sholat jenazah merupakan doa yang dilakukan dalam keadaan berdiri dan berisi permohonan ampunan dan keberkahan dari Allah SWT.

9. Salam Pertama

Setelah membaca doa ibadah sholat jenazah, selanjutnya adalah melakukan salam pertama dengan mengucapkan “Assalamu’alaikum warahmatullah”. Salam pertama menandakan selesai membaca doa ibadah sholat jenazah.

10. Salam Kedua

Setelah salam pertama, selanjutnya adalah melakukan salam kedua dengan mengucapkan “Assalamu’alaikum warahmatullah”. Salam kedua menandakan selesai sholat jenazah.

Doa Sholat Jenazah

Doa sholat jenazah berisi permohonan ampunan dan keberkahan dari Allah SWT untuk orang yang telah meninggal dunia. Beberapa doa sholat jenazah yang sering dibaca antara lain:

1. Doa Tahlil

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. Ash-hadu an laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lah. Wa ash-hadu anna Muhammadan ‘abduhu wa Rasuluhu. Allahumma shalli ‘ala Muhammadin wa ‘ala ali Muhammadin. Kama shallaita ‘ala Ibrahima wa ‘ala ali Ibrahima innaka Hamidum Majid. Wa baarik ‘ala Muhammadin wa ‘ala ali Muhammadin. Kama baarakta ‘ala Ibrahima wa ‘ala ali Ibrahima innaka Hamidum Majid.

2. Doa Selamat

Allahumma Ajirni minan naar (Ya Allah, selamatkanlah aku dari api neraka).

3. Doa Maghfirah

Allahumma ghfir li hayyina wa mayyitina, wa shahidina wa ghaibina, wa saghirina wa kabirina, wa zakarina wa untsana. Allahumma man ahyaitahu minna fa ahyihi ‘alal Islam, wa man tawaffaitahu minna fatawaffahu ‘alal iman, Allahumma la tahrimna ajrah, wa la tudillana ba’dahu (Ya Allah, ampuni semua kesalahan kami, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, yang hadir maupun yang tidak hadir, yang kecil maupun yang besar, yang laki-laki maupun perempuan. Ya Allah, berikanlah hidup kepada yang masih hidup dalam keadaan Islam, dan matikanlah yang sudah meninggal dengan iman. Ya Allah, janganlah Engkau menghalangi kami dari mendapatkan pahala, dan janganlah Engkau menyesatkan kami setelah beliau meninggal)

Kapan dan Bagaimana Melakukan Sholat Jenazah

Sholat jenazah harus dilakukan secepat mungkin setelah seseorang meninggal dunia. Sholat jenazah bisa dilakukan di masjid atau di tempat lain yang disepakati oleh keluarga dan saudara terdekat yang masih hidup. Sholat jenazah harus dilakukan oleh pria muslim yang sudah baligh dan mampu melakukannya.

Untuk melakukannya, kita harus memahami tata cara sholat jenazah dengan baik dan benar. Selain itu, kita juga harus memahami doa-doa yang harus dibaca ketika melakukan sholat jenazah.

Kesimpulan

Sholat jenazah merupakan kewajiban umat muslim ketika ada saudara atau kerabat yang meninggal dunia. Sholat jenazah adalah bentuk penghormatan terakhir yang diberikan kepada orang yang telah meninggal dunia. Dalam Islam, sholat jenazah juga dianggap sebagai doa untuk orang yang telah meninggal dunia agar mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT.

Tata cara sholat jenazah terdiri dari beberapa tahapan, di antaranya adalah membawa jenazah ke tempat sholat, niat sholat jenazah, takbiratul ihram, membaca doa tawarruk, membaca doa ta’awwudz, membaca surat Al Fatihah, membaca doa iftitah, membaca doa ibadah sholat jenazah, salam pertama, dan salam kedua.

Sholat jenazah harus dilakukan secepat mungkin setelah seseorang meninggal dunia dan bisa dilakukan di masjid atau di tempat lain yang disepakati oleh keluarga dan saudara terdekat yang masih hidup. Sholat jenazah harus dilakukan oleh pria muslim yang sudah baligh dan mampu melakukannya.

Doa sholat jenazah berisi permohonan ampunan dan keberkahan dari Allah SWT untuk orang yang telah meninggal dunia. Beberapa doa sholat jenazah yang sering dibaca antara lain doa tahlil, doa selamat, dan doa maghfirah.

Dalam melakukan sholat jenazah, kita harus memahami tata cara dan doa-doa yang harus dibaca dengan baik dan benar. Dengan demikian, sholat jenazah yang kita lakukan akan bermanfaat bagi orang yang telah meninggal dunia dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments