Luas Jajar Genjang

Jajar genjang adalah salah satu bentuk bangun datar yang memiliki dua pasang sisi yang sejajar dan sama panjang. Sisi-sisi tersebut membentuk dua sudut yang bersebrangan dengan besar sudut yang sama. Luas jajar genjang dapat dihitung dengan rumus sisi alas dikali tinggi.

Rumus Luas Jajar Genjang

Sebelum mempelajari rumus luas jajar genjang, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan sisi alas dan tinggi. Sisi alas adalah sisi jajar genjang yang sejajar dengan sisi yang lainnya. Sedangkan tinggi adalah jarak antara sisi alas dan sisi sejajar dengan alas tersebut.

Jadi, rumus luas jajar genjang adalah:

Luas = sisi alas x tinggi

Cara Menghitung Luas Jajar Genjang

Untuk menghitung luas jajar genjang, pertama-tama kita harus mengetahui panjang sisi alas dan tinggi jajar genjang tersebut. Kemudian, kita bisa menggunakan rumus yang telah dijelaskan sebelumnya.

Contohnya, jika sisi alas jajar genjang adalah 8 cm dan tingginya adalah 5 cm, maka luasnya adalah:

Luas = 8 cm x 5 cm = 40 cm2

Contoh Soal Luas Jajar Genjang

Supaya lebih memahami cara menghitung luas jajar genjang, berikut ini adalah beberapa contoh soal yang bisa dicoba:

Contoh Soal 1:

Sebuah jajar genjang memiliki sisi alas sepanjang 10 cm dan tinggi 6 cm. Hitunglah luas jajar genjang tersebut!

Jawaban:

Luas = 10 cm x 6 cm = 60 cm2

Contoh Soal 2:

Luas sebuah jajar genjang adalah 72 cm2. Sisi alasnya sepanjang 12 cm. Hitunglah tinggi jajar genjang tersebut!

Jawaban:

Luas = sisi alas x tinggi

72 cm2 = 12 cm x tinggi

Tinggi = 72 cm2 / 12 cm

Tinggi = 6 cm

Keunikan Jajar Genjang

Selain mudah dihitung, jajar genjang juga memiliki beberapa keunikan. Salah satunya adalah kemampuannya untuk digabungkan dengan bentuk bangun datar lain.

Misalnya, jika kita menggabungkan dua jajar genjang dengan sisi sejajar yang sama, maka akan terbentuk sebuah belah ketupat. Sedangkan jika kita menggabungkan jajar genjang dengan segitiga, maka akan terbentuk sebuah trapesium.

Kesimpulan

Jajar genjang adalah salah satu bentuk bangun datar yang memiliki dua pasang sisi yang sejajar dan sama panjang. Luas jajar genjang dapat dihitung dengan rumus sisi alas dikali tinggi. Untuk menghitung luas jajar genjang, kita harus mengetahui panjang sisi alas dan tinggi jajar genjang tersebut. Jajar genjang juga memiliki kemampuan untuk digabungkan dengan bentuk bangun datar lain.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
wpDiscuz
Exit mobile version