10 Contoh Teks Prosedur Kompleks

Puluhan Contoh Teks Prosedur Kompleks

Contoh Teks Prosedur Kompleks, Anda mungkin banyak menemukan contoh teks prosedur kompleks yang menginstruksikan bagaimana cara menyelesaikan sebuah tugas. Umumnya teks prosedur ini terdiri dari dua kategori yaitu bagaimana melakukan sesuatu atau membuat sesuatu. Tujuan dari teks prosedur sendiri yaitu untuk menginformasikan langkah-langkah secara berurutan sehingga pembaca bisa mengikutinya secara tepat, aman, dan efisien.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur merupakan materi yang mudah dipahami karena sifatnya non-fiksi. Beberapa bentuk teks ini meliputi: cara menuju suatu tempat (petunjuk arah), instruksi melakukan sesuatu, resep memasak, aturan bermain game, perincian suatu agenda, atau bagaimana mengoperasikan suatu alat (manual). Adapun struktur dari teks prosedur meliputi judul, pendahuluan, material, dan tata cara.

Contoh 1: Cara Melakukan Panggilan Grup WhatsApp

WhatsApp merupakan salah satu media chatting yang berada di bawah naungan Facebook. Baru-baru ini WhatsApp mengumumkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara atau video hingga empat orang. Panggilan grup ini juga dienkripsi end-to-end, dan bisa digunakan untuk pengguna iOS maupun Android. Adapun cara menggunakannya yaitu sebagai berikut:

1. Buka WhatsApp versi terbaru Anda. Arahkan ke layar utama lalu pilih menu “Panggilan”.

2. Tekan ikon “Panggilan” di sudut kanan bawah sehingga Anda akan masuk menuju kontak yang Anda punya.

3. Pilih kontak yang akan Anda hubungi, scroll ke bawah atau search nama mereka untuk memanggil.

4. Pilih jenis panggilan yang akan Anda gunakan, apakah itu panggilan suara atau panggilan video. Lalu tekan tombolnya.

5. Setelah masuk pada panggilan pertama, maka klik tombol “Tambahkan Peserta” yang berada di sudut kanan atas.

6. Tambahkan satu kontak lainnya, lalu konfirmasi kontak tersebut untuk menambahkannya pada panggilan grup.

7. Ulangi langkah ke-5 dan ke-6 untuk menambahkan kontak ketiga dan kontak keempat pada panggilan grup Anda.

Pengertian FRASA: Ciri, Jenis, Contoh (Lengkap)

Contoh 2: Cara Membuat Salad Buah Dengan Saus Vanila

Salad buah dengan saus merupakan versi lain dari salad tradisional. Camilan ini cukup sehat karena banyak mengandung kalori dan vitamin dari buah-buahan. Selain sehat, makanan pencuci mulut ini juga menarik karena terdiri dari buah-buahan yang beragam warna. Bahkan tampilan salad buah ini juga lebih sempurna dengan tambahan saus di atasnya.

Bahan untuk saus salad:

1. 1/4 cangkir mayones
2. 1/2 cangkir yogurt
3. 1 sendok teh madu
4. 1 sendok teh jus lemon (opsional)
5. 1/4 sendok teh garam
6. 1 sendok teh ekstrak vanila murni (opsional)
7. Lada hitam yang baru ditumbuk (opsional)

Bahan untuk salad:

1. 1 buah apel, dikupas lalu dipotong dadu
2. 1 buah pir, dikupas lalu dipotong dadu
3. 10-12 buah stroberi, dibelah menjadi dua
4. 1 buah mangga, dikupas lalu dipotong dadu
5. 1 cangkir anggur, dibelah menjadi dua
6. 1 buah pisang diiris
7. 3 buah kiwi diiris (opsional)

Cara pembuatan:

1. Siapkan mangkuk kecil, lalu tuangkan mayones, yogurt, madu, jus lemon, ekstrak vanili, dan garam secukupnya. Aduk hingga rata lalu bumbui dengan lada secukupnya. Setelah itu sisihkan.

2. Siapkan mangkuk yang lain untuk salad, lalu masukkan semua buah yang sudah dipotong. Aduk hingga tercampur seperti pelangi, lalu tambahkan saus di atasnya.

3. Salad buah siap disajikan.

Contoh 3: Cara Membuat Foto Bokeh Dengan Efek Custom Dari Kertas

Bokeh (bahasa Jepang: blur) merupakan efek fotografi yang mampu menghasilkan foto lebih tajam dengan latar belakang tidak fokus. Pengambilan foto bokeh lahir dari kamera berkecepatan tinggi. Namun kini bisa diambil dari smartphone dengan berbagai efek menarik. Sementara itu Anda bisa membuat berbagai efek sendiri dengan kertas dan Canon EOS M10.

Alat yang dibutuhkan:

1. Kamera Canon EOS M10
2. Lensa EF50mm f/1.8 STM
3. Kertas konstruksi berwarna hitam
4. Gunting
5. Penggaris
6. Busur derajat
7. Pisau lipat

Langkah kerja:

1. Gunakan penggaris untuk mengukur lebar lensa Anda dari ujung ke ujung. Lalu bagi lebar tersebut menjadi dua dan atur busur derajat sesuai ukuran yang Anda dapat.

2. Gambar lingkaran di atas kertas konstruksi sesuai dengan lebar yang Anda ukur. Hasil gambar ini nantinya akan menjadi filter lensa.

3. Buatlah efek custom Anda sendiri seperti gambar hati, bintang, atau sebagainya. Namun atur letaknya sedekat mungkin dengan pusat lingkaran. Setelah itu lubangi efek yang Anda buat dengan pisau lipat.

4. Tempatkan kertas filter tersebut secara hati-hati di depan lensa. Gunakan kertas perekat kecil di bagian samping agar tidak menimbulkan bekas pada lensa.

5. Tempatkan lensa Anda pada kamera, lalu atur pembukaan kamera ke aperture yang paling luas. Filter yang Anda buat akan menghalangi banyak cahaya masuk dan membuat efek lebih tajam.

6. Atur juga kecepatan rana lebih lama. Lalu tempatkan kamera di atas tripod untuk mengurangi goncangan.

7. Bidik foto yang akan Anda ambil. Lalu variasikan pengaturan aperture, kecepatan rana, dan ISO untuk berbagai gambar lainnya.

Contoh 4: Cara Membuat Pot Gantung Gambar Hewan Dari Botol Bekas

Anda sering mengkonsumsi minuman botol dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan botol sisanya? Jika Anda cukup kreatif maka buatlah perkebunan unik dengan recycle botol yang Anda kumpulkan. Buatlah proyek sederhana seperti pot dengan gambar hewan-hewan lucu. Setelah itu, gunakan pot tersebut untuk menanam tanaman aromatik di dalam rumah.

Alat dan bahan:

1. Botol plastik bekas
2. Cat warna
3. Kuas cat
4. Gunting
5. Kardus
6. Tali

Cara pembuatan:

1. Potong botol bekas yang Anda temukan menjadi dua bagian, lalu gunakan ¾ bagian bawah botol untuk membuat pot.

2. Siapkan gambar bentuk kepala kelinci atau beruang di atas kardus, lalu potong dan gambar ulang di atas botol yang Anda siapkan.

3. Gunting bagian atas pot mengikuti kontur telinga hewan yang Anda gambar (gunakan bagian ini sebagai arah depan).

4. Jangan lupa membuat lubang di kedua bagian samping untuk lubang tali, serta lubangi pula bagian bawah pot untuk sistem drainase.

5. Langkah selanjutnya yaitu cat seluruh permukaan luar botol dengan warna dasar putih. Lalu setelah kering, cat ulang botol Anda sesuai warna pola hewan yang Anda buat.

6. Keringkan kembali pot buatan Anda lalu berikan sedikit media di dalam pot.

7. Taruh beberapa tanaman di dalamnya, lalu kencangkan tali di kedua bagian sampingnya.

8. Terakhir, gantung pot buatan Anda di tempat yang cocok.

Contoh 5: Cara Mengoptimalkan Resume Dalam 5 Langkah Cepat

Hal pertama yang harus dilakukan pencari kerja untuk melamar pekerjaan yaitu menyerahkan resume kepada HRD. Biasanya sebagian perusahaan atau industri menggunakan teknologi ATS (Applicant Tracking System) untuk melakukan seleksi. Jadi resume Anda harus lulus ATS. Sementara itu, Anda harus tahu bagaimana mengoptimalkan resume Anda, seperti yang dijelaskan melalui langkah-langkah berikut:

1. Pelajari deskripsi lowongan yang Anda baca, lalu tarik kata atau frasa kunci dari lowongan tersebut. Anda bisa menemukannya di bagian keterampilan atau persyaratan yang harus dimiliki pelamar.

2. Gunakan bahasa yang sama persis seperti yang di-deskripsikan. Misalnya dibutuhkan pekerjaan yang “berorientasi pada detail”. Jadi hindari menulis “terobsesi dengan detail”.

3. Hindari penggunaan huruf, tanda baca, atau grafik yang aneh. Karena bisa membingungkan sistem dan merusak kesempatan Anda untuk wawancara.

4. Gunakan ejaan yang benar. Karena meskipun sederhana namun kesalahan penulisan juga bisa menghilangkan peluang.

5. Usahakan mengatur tata letaknya supaya tetap sederhana. Anda bisa menambahkan bilah atau warna, namun hindari gaya yang terlalu berlebihan sehingga tidak tampak seperti resume.

Contoh 6: Cara Pesan Taksi Secara Online

Berkembangnya sarana komunikasi dan transportasi saat ini membuat berbagai layanan mudah diakses. Salah satunya taksi online. Jika dahulu, Anda harus menunggu di titik tertentu untuk mencari angkutan umum. Kini dengan menatap layar smartphone dan menekan beberapa tombol, maka kendaraan Anda akan siap mengantar ke berbagai tujuan. Caranya yaitu sebagai berikut:

1. Kunjungi situs web taksi online tersebut. Pada beberapa kasus, Anda mungkin harus mendownload aplikasi tertentu untuk menggunakan layanannya.

2. Masukkan beberapa data seperti alamat email atau nomor telepon yang diperlukan untuk konfirmasi pembuatan akun.

3. Setelah Anda masuk di layar utama aplikasi, maka tentukan lokasi penjemputan dan lokasi tujuan Anda. Maka sistem akan secara otomatis mengestimasi biaya yang harus Anda bayar.

4. Anda bisa mengubah metode pembayaran dari tunai ke poin, atau menggunakan beberapa promo tertentu.

5. Langkah selanjutnya yaitu klik tombol “Order” pada aplikasi tersebut. Lalu sistem akan mencarikan driver terdekat yang akan menjemput Anda. Jika selesai maka sistem akan memberikan info seputar nama, jenis kendaraan, dan pelat nomor mobil yang digunakan.

6. Setelah itu nikmati waktu Anda untuk bersiap-siap atau lacak perjalanan driver Anda secara real time di peta aplikasi.

Contoh 7: Cara Memandikan Kucing

Umumnya hewan berbulu seperti kucing mampu merawat tubuhnya secara alami tanpa harus dimandikan dengan air. Jadi Anda cukup sisir bulu-bulu mereka secara teratur agar terlihat bersih. Namun untuk beberapa kasus, Anda mungkin harus membilas kucing Anda dengan air. Seperti ketika kucing Anda jatuh dalam sampah atau baru datang dari penampungan.

Alat yang harus disiapkan:

1. Air hangat secukupnya
2. Sarung tangan karet (untuk menghindari cakaran kucing saat mandi)
3. Bak mandi dan semprotan air
4. Shampo khusus kucing
5. Bola kapas
6. Kain lap kecil dan handuk besar

Tahapan memandikan kucing:

1. Isi bak mandi kucing dengan air hangat. Lalu masukkan kucing Anda secara perlahan.

2. Basahi semua bulu-bulu kucing mulai dari yang ada di pundak hingga ke ekor. Namun hindari membasahi wajah kucing karena mereka bisa marah jika terkena cipratan air di bagian wajah.

3. Gunakan shampo khusus untuk membersihkan bulu kucing Anda, lalu bilas hingga bersih. Untuk bagian kepala maka gunakan kain lap basah lalu usap secara lembut.

4. Bersihkan telinga bagian dalam kucing Anda dengan bola kapas. Jika selesai maka bilas dengan air bersih atau gunakan semprotan air yang lembut.

5. Setelah bersih maka angkat kucing Anda dan letakkan dalam handuk besar.

6. Gosokkan handuk tersebut untuk mengeringkan kucing Anda. Jika perlu gunakan pengering rambut (hanya jika kucing Anda tidak takut dengan suaranya) untuk membantu mengeringkan bulu mereka yang lebat.

7. Nyalakan mesin pengering tersebut dengan volume yang rendah. Lalu lihat apakah kucing Anda bisa menerimanya.

Contoh 8: Cara Rias Wajah Untuk Tampilan Setiap Hari

Meskipun sepele namun cara rias wajah ternyata tidak semudah yang terlihat di YouTube. Setiap orang punya cara masing-masing untuk memulai riasan. Apakah itu terlebih dahulu menggunakan concealer atau foundation? Ataukah lebih dahulu membuat alis? Semua bergantung pada preferensi masing-masing. Namun untuk yang baru pertama kali mencoba, bisa mencontoh langkah berikut:

1. Gunakan pelembab primer untuk membantu produk make-up meresap dengan baik. Setelah itu oleskan foundation di sekitar hidung, mata, dan dahi Anda.

2. Gunakan spons untuk meratakan foundation. Lalu tambahkan concealer untuk menutup noda, bercak, atau lingkaran hitam di bagian mata.

3. Setelah itu, isi alis Anda yang jarang dengan pensil alis, lalu sapukan seperti membentuk gambar rambut. Tambahkan eyeshadow di atas kelopak mata, lalu selesaikan dengan eyeliner.

4. Tambahkan perona di bagian pipi, lalu tutup dengan highlighter di bagian alis, tulang pipi, dan hidung. Setelah itu terapkan kontur yang sesuai dengan bentuk wajah Anda.

5. Gunakan lipstik sebagai sentuhan akhir yang merona, lalu taburkan bedak dan semprotan untuk menjaga make-up lebih lama.

6. Terakhir gunakan maskara dan bersiaplah dengan tampilan cantik Anda.

Contoh 9: Cara Membakar (Burn) CD Atau DVD Melalui Windows Media Player

Pernahkah Anda menyalin data ke dalam CD/DVD kosong, lalu setelah dibuka kembali ternyata salinan tersebut tidak terbaca atau hilang? Proses menyalin file dari suatu media ke dalam CD/DVD memang tidak semudah menyalin file dalam flashdisk. Anda harus melewati proses burning (pembakaran) untuk memungkinkan CD/DVD Anda bisa terbaca. Caranya sebagai berikut:

1. Identifikasi terlebih dahulu file atau konten yang akan Anda salin, untuk memutuskan disk mana yang tepat. Apakah Anda membutuhkan CD audio ataukah CD/DVD data?

2. Pastikan laptop atau komputer Anda memiliki drive perekam CD/DVD yang berfungsi dengan baik, dan pastikan pula disk yang Anda gunakan masih kosong serta tidak lecet.

3. Setelah itu buka Windows Media Player (WMP) di laptop atau komputer Anda.

4. Lihat panel bagian pojok kanan atas, lalu klik tombol “Burn”.

5. Setelah itu di bagian menu “Burn Option” yang bergambar centang, pilih jenis “Audio CD” atau “Data CD or DVD”, sesuai dengan jenis file yang akan disalin.

6. Langkah selanjutnya masukkan file yang akan disalin di bagian “Drag Item Here”.

7. Masukkan disk kosong dalam drive lalu pilih tombol “Start Burn” untuk memulai proses.

Contoh 10: WiFi Tethering Melalui Perangkat Android dan iOS

WiFi tethering merupakan fitur smartphone yang memungkinkan berbagi data seluler untuk koneksi internet. Dalam hal ini perangkat seluler akan berperan sebagai router nirkabel pengirim sinyal. Jadi smartphone Anda mungkin dikenai biaya tambahan untuk penambatan tersebut. Selain itu daya baterai juga lebih cepat terkuras, sehingga perhatikan perangkat mana yang bisa terhubung.

1. Buka Pengaturan di perangkat Android atau iOS Anda. Lalu pilih Koneksi (nama perintah mungkin berbeda untuk beberapa perangkat).

2. Pilih menu “Hotspot Seluler dan Penambatan”, lalu ketuk mode ON untuk mengaktifkan WiFi.

3. Di bagian pengaturan tambahan, ubah nama jaringan Anda sesuai selera. Lalu masukkan kata sandi sebagai syarat perangkat yang akan tersambung.

4. Aktifkan pula mode “hanya perangkat yang diizinkan”. Sehingga perangkat yang masuk akan melalui konfirmasi Anda terlebih dahulu.

5. Setelah itu nikmati hotspot seluler di manapun Anda berada.

By Miuri

Seseorang yang tertarik pada pengetahuan terbaru, "hari ini harus belajar pengetahuan baru lebih banyak dari hari-hari kemarin"

Exit mobile version