Contoh Sikap Patriotisme di Berbagai Bidang

Contoh Sikap Patriotisme di Berbagai Bidang

Patriotisme adalah sebuah sikap seseorang yang cinta pada negaranya sendiri. Tak hanya sekadar cinta, sikap patriotisme juga menjelma menjadi sikap atau perasaan ingin membela negaranya. Patriotisme akan membuat seseorang menjadi pemberani, rela berkorban, dan pantang menyerah dalam upaya membela negaranya sendiri.

Di zaman dahulu, sikap ini bisa dilihat dari setiap perjuangan para pahlawan dalam membela negara. Dahulu, pahlawan harus berjuang dengan senjata agar bisa mengusir penjajah yang ada di Tanah Air demi kemerdekaan. Dan dengan sifat patriotisme yang kuat, akhirnya para pahlawan bisa menumpas para penjajah dan pergi dari Indonesia.

Pengertian Sikap Patriotisme

Dalam paduan katanya, patriotisme berasal dari dua kata yakni patriot dan isme. Yakni sifat kepahlawanan yang dimiliki seseorang. Bentuk patriotisme sendiri bisa berupa pengorbanan harta maupun jiwa dan raga. Sikap patriotisme sejatinya wajib dimiliki setiap warga negara. Pasalnya dengan memiliki sikap ini, negara akan selalu damai dan aman dari hal buruk.

Patriotisme harus selalu dipupuk, bahkan dikenalkan sedari anak kecil, Hal ini agar anak sudah mulai mencintai dan menyayangi negaranya sendiri sejak masih kanak-kanak. Upaya menanamkan sikap ini pun bisa dilakukan dengan banyak hal. Salah satu yang paling penting adalah memberikan satu pelajaran khusus tentang ilmu kewarganegaraan sejak bangku sekolah dasar.

Ciri Ciri Sikap Patriotisme

Membahas tentang patriotisme, ada beberapa ciri-ciri patriotisme yang belum banyak orang tahu. Patriotisme memiliki ciri-ciri di antaranya memiliki simpati pada bangsanya sendiri. Seseorang yang mencintai bangsanya dan berupaya untuk mewujudkan kesejahteraan bersama, bisa dipastikan memiliki sikap patriotisme yang baik.

Kedua, patriotisme memiliki ciri-ciri mempunyai sebuah identitas diri. Dan yang ketiga, patriotisme bersifat terbuka, yakni mau untuk melihat perkembangan dunia dengan tujuan untuk membangun bangsa yang lebih baik. Jadi patriotisme tidak akan menutup diri dari kehidupan dunia yang luas. Asal memberikan pengaruh baik, nilai yang ada dari negara lain bisa untuk diterapkan di negaranya.

Seseorang yang memiliki nilai patriotisme biasa disebut dengan patriot. Sayangnya, tidak semua orang di setiap negara khususnya di Indonesia memiliki sikap mulai ini. Lantas bagaimana agar kita tahu siapa orang yang memiliki sifat patriotisme? Berikut ini ciri-ciri seorang patriot yang bisa Anda contoh.

Satu, patriot akan selalu mencintai Tanah Airnya. Dua, patriot memiliki jika pembaru, yakni selalu ingin memajukan negaranya. Tiga, ia tidak akan mudah putus asa dan menyerah dalam membela negaranya. Dan yang terakhir, ia tidak akan egois. Seorang patriot akan lebih mementingkan kepentingan bangsa daripada urusannya sendiri.

Sifat-sifat patriotisme ini bisa dilihat dari tingkah laku yang dilakukan seseorang. Nah, untuk mengetahui berbagai contoh sikap patriotisme, Anda harus bisa mencontoh berbagai perilaku para patriot ini. Untuk itu, berikut rangkuman berbagai sikap patriotisme di berbagai bidang yang bisa kamu lakukan.

Sikap Patriotisme di Masyarakat Sekitar

Ada banyak perilaku yang bisa menunjukkan sikap patriotisme di lingkungan masyarakat. Di antaranya:

  1. Ikut menjaga kerukunan dan keamanan sesama warga di lingkungan masyarakat tanpa memandang suku, agama, ras, adat dan budaya. Sikap ini menunjukkan bahwa Anda menjaga ketertiban dari lingkungan kecil di sekitar Anda dan mencegah terjadinya perselisihan.
  2. Gotong royong dalam membangun kekompakan dan kerukunan antar warga. Hal ini bisa diwujudkan dengan mengadakan berbagai acara sosial. Misalnya mengadakan perayaan Hari Kemerdekaan secara meriah. Bisa dengan lomba-lomba, upacara bersama, atau kerja bakti membersihkan lingkungan di tanggal 17 Agustus.
  3. Berpartisipasi di setiap kegiatan yang ada di masyarakat. Misalnya mengikuti perkumpulan warga, PKK untuk ibu-ibu, atau karang taruna untuk para remaja. Kegiatan ini akan memupuk persatuan dan kerukunan antar tetangga di lingkungan masyarakat.

Contoh Teks Tanggapan Kritis SINGKAT

Sikap Patriotisme di Lingkungan Sekolah

Anak-anak di sekolah bisa melakukan banyak hal yang mencerminkan sikap patriotisme. Ada apa saja?

  1. Rajin belajar. Meski wajib dilakukan setiap anak, perilaku ini sebenarnya mencerminkan sebuah sikap patriotisme. Hal ini karena dengan belajar, seseorang bisa mendapat banyak ilmu dan berguna untuk memajukan suatu bangsa.
  2. Mengikuti upacara bendera yang ada di sekolah. Bukan hanya sekadar ikut, sikap patriotisme bisa terlihat ketika anak mengikuti upacara secara khidmat. Tak hanya itu, menjadi bagian dari petugas upacara juga mencerminkan sebuah perilaku patriot.
  3. Menerapkan setiap sila dalam Pancasila di lingkungan sekolah. Misalnya selalu menjaga sholat atau ibadah lain, menjaga kerukunan dengan teman, gotong royong dalam menyelesaikan masalah, dan masih banyak lagi.
  4. Memahami setiap makna dari lagu perjuangan. Belajar lagu-lagu perjuangan juga bisa meningkatkan rasa patriotisme anak-anak. Guru juga harus menjelaskan arti dari lagu sehingga anak paham dan semakin cinta dengan Tanah Air.
  5. Aktif mengikuti setiap kegiatan yang ada di sekolah, seperti ekstrakulikuler, Pramuka, Dokter Kecil, PMR, dan masih banyak lagi.

Sikap Patriotisme di Kehidupan Bernegara

Dalam cakupan yang lebih luas, ada banyak sekali hal yang bisa menunjukkan sikap patriotisme di masyarakat terutama di kehidupan berbangsa dan bernegara di antaranya :

  1. Bidang Ekonomi

Di bidang ini, Anda bisa menunjukkan sikap patriotisme dengan mendukung pengusaha lokal yakni membeli dan menggunakan produk asli Indonesia. Cintailah produk milik negeri sendiri.

  1. Bidang Sosial Budaya

Contoh sikap patriotisme yang bisa terlihat dari bidang ini ialah menjaga setiap warisan budaya yang ada. Dengan menjaga warisan budaya ini, bangsa akan semakin kuat dan memiliki identitas sendiri.

  1. Bidang Politik

Menjaga persatuan dan kesatuan warga yakni dengan mencegah terjadinya konflik seperti konflik ras, suku, adat, dan agama. Keberagaman yang ada di Indonesia harusnya bisa dijaga dengan utuh. Dan menjaga keberagaamn ini adalah tugas setiap warga negara.

  1. Bidang Hukum

Salah satu contoh paling mudah ialah meninggalkan perilaku main hakim sendiri. Dengan hidup di negara hukum, orang harus menaati setiap peraturan yang ada di negaranya. Termasuk di antaranya patuh pada peraturan yang sudah disediakan pemerintah.

Contoh lain yang paling sering kita hadapi adalah tentang peraturan lalu lintas. Dengan menaati setiap rambu-rambu lalu lintas, Anda sudah termasuk menaati hukum di pemerintah. Hal itu tentu saja sudah menunjukkan sikap patriotisme.

Sikap Patriotisme di Lingkungan Keluarga

Selain menjaga kerukunan antar anggota keluarga, masih banyak sikap patriotisme yang bisa Anda lakukan di rumah yakni :

  1. Seorang ayah dan ibu yang mencontohkan perilaku terpuji pada anak-anaknya. Mulai dari mencontohkan sikap kerja keras, pantang menyerah dan cinta pada negara.
  2. Mengibarkan bendera merah putih di hari-hari besar kenegaraan, seperti Hari Kemerdekaan, dan lain-lain.
  3. Menceritakan sejarah-sejarah perjuangan pahlawan pada anak sejak kecil. Hal ini akan menumbuhkan rasa kagum dan semangat pada anak untuk mencontoh perjuangan yang sudah dilakukan pahlawan demi negara.
  4. Menjaga kerukunan antar keluarga. Sebisa mungkin segera menyelesaikan masalah agar kerukuran dan keharmonisan tetap terjaga.
Published
Categorized as PKN

By Miuri

Seseorang yang tertarik pada pengetahuan terbaru, "hari ini harus belajar pengetahuan baru lebih banyak dari hari-hari kemarin"

Exit mobile version